Sosial

89 JCH Abdya Gabung Dalam Kloter Satu

Gambar Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 89 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah bergabung dalam kloter satu. Puluhan JCH Abdya itu, akan dilepas pada 14 Agustus 2017 mendatang menuju Asrama Haji, Banda Aceh.

Yang tergabung dalam kloter satu, selain jamaah Abdya juga terdapat sejumlah kabupaten/kota lainnya seperti Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam termasuk Banda Aceh.

“Abdya masuk dalam kloter pertama berangkat nantinya, untuk jumlah jamaah mengacu pada kouta Aceh,” ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya, Drs H Arijal, MSi kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (27/7/2017).

Pada tahun 2015 JCH Abdya berjumlah 87 orang, 2016 sebanyak 49 JCH sementara untuk tahun ini akan berangkat sebanyak 89 JCH. Setiap tahun JCH Abdya bisa bertambah, berkurang dan bisa saja kosong tanpa Jamaah, itu semua tergantung dengan kouta Aceh.

“Dari 89 JCH, terdapat 32 JCH laki-laki dan sisanya sebanyak 57 merupakan perempuan,” sebut Arijal didampingi Kasi PHU Muhammad Yatim MA.

Kemudian dari jumlah yang berangkat sebanyak 89 orang, tersebar di sejumlah kecamatan dalam kabupaten setempat. Diantaranya, Kecamatan Babahrot 6 orang, Kuala Batee 11 orang, Jeumpa 8 orang, Susoh 23 orang, Tangan-Tangan 2 orang, Manggeng 7 orang, Lembah Sabil 10 orang dan Blangpidie 22 orang.

“Jamaah tertua berumur 80 tahun atas nama Aisyah Deram Husen, sementara termuda berumur 40 tahun atas nama Noni Mambang Nazamuddin,” terangnya.

Jamaah itu nantinya akan menginap di Pemondokan Misfalah dengan jarak 2 km lebih dari Masjidil Haram. Kemungkinan besar para jamaah bisa berjalan kaki ke Masjidil Haram, karena tidak terlalu jauh, namun jika ada yang ingin menaiki kendaraan juga tidak masalah.

Tentu memerlukan ketahanan fisik dan kesehatan agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji. JCH bisa menunaikan perjalananan ibadah dengan kusuk tanpa ada hambatan,” tuturnya singkat.

Arijal menambahkan jumlah jamaah yang sudah mendaftar untuk Kabupaten Abdya mencapai seribu lebih, dengan perkiraan lama masa tunggu hingga 25 tahun lebih. [Rizal]

Comments
To Top