Lingkungan

Tim Karhutla Aceh Padamkan Api di Lahan Gambut

Tim Satgas Karhutla Aceh Sedang Memadamkan Api di Lahan Gambut daerah Perbatasan Aceh Jaya dengan Aceh Barat, Jumat (9/6/2017).

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Lahan dan Hutan gabungan dari BKSDA Aceh dan kepolisian berupaya memadamkan api di lahan gambut daerah perbatasan antara Kabupaten Aceh Jaya dengan Kabupaten Aceh Barat pada Jumat (9/6/2017).

Informasi yang berhasil dihimpun acehterkini, Sabtu (10/6/2017), Lahan yang terbakar adalah kebun untuk sawit yang berstatus Areal Penggunaan Lain (APL).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Barat, Syahluna Polem mengatakan tim sudah ke Kecamatan Arongan Lambalek hingga ke perbatasan Kabupaten Aceh Jaya.

“Sudah tidak ada lagi titik panas yang kita temukan di sepanjang jalan Teunom – Meulaboh, hanya asap-asap kecil yang sempat kita pantau,” kata Syahluna Polem saat berada di lokasi, Sabtu (10/6/2017).

Sebelumnya hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua) BMKG Aceh mendeteksi ada 46 titik panas yang tersebar di 11 kabupaten kota di Aceh pada Hameh (8/6/2017).

Berita Terkait : BMKG Deteksi 46 Titik Panas di Aceh

Ada enam titik panas tingkat kepercayaan tinggi mencapai 81-100 persen, yaitu tiga titik di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya, satu titik di Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat dan dua titik di Kabupaten Aceh Jaya.

Kondisi ini tidak terlepas dari cuaca panas yang sedang melanda wilayah barat selatan Provinsi Aceh. BMKG menghimbau masyarakat agar tetap mewaspadai peningkatan suhu udara. [Firman]

To Top