Sosial

Ribuan Warga Padati Halaman Masjid At Taqwa Manggeng

Ribuan warga memadati halaman Masjid At Taqwa, Kecamatan Manggeng untuk Shalat Id 1438 Hijriah, Aleuhat (25/6/2017).

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, sejumlah warga di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan Shalat Idul Fitri, 1 Syawal 1438 H, pada Aleuhat (25/6/2017). Hal itu juga seiring dengan hasil keputusan sidang itsbat yang menetapkan hari raya jatuh 25 Juni 2017.

Amatan dilapangan, para warga Muhammadiyah dan Ahlusunnah lainnya serentak membentangkan tikar sajadah disejumlah mesjid dan lapangan terbuka untuk melaksanakan shalat Idul Fitri yang dilaksanakan setahun sekali oleh seluruh ummat Muslim di Dunia.

Meskipun ada sebagian warga Abdya yang melaksanakan hari raya, hari ini Aleuhat 25 Juni 2017, namun juga tidak sedikit warga Abdya lainnya yang akan melaksanakan hari raya pada Senin (26/6/2017) besok.

Suasana khitmat menyelimuti halaman depan mesjid At-Taqwa, Desa Kedai, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Abdya. Ribuan mata terpaku dengan isi khutbah Idul Fitri yang disampaikan ustadz Drs Zaini Z MPd.

Dalam Khutbahnya, ustad Zaini menyampaikan tentang fungsi manusia untuk taat kepada Allah swt, yakni dengan malaksanakan ibadah puasa. Beliau juga menyampaikan tentang evaluasi selama menjalankan ibadah puasa.

Disisi lain, ustadz Zaini juga menjelaskan tentang disipilin dan jujur dalam melaksanakan ibadah puasa. Selanjutnya, dengan puasa mendidik jiwa orang mukmin untuk menjadi belas kasih kepada saudara-saudara yang masih merasakan kelaparan dan kehausan.

“Dengan puasa, kita di uji untuk senantiasa peka terhadap saudara kita yang sedang merasakan kehausan dan kelaparan. Semoga kita menjadi orang-orang yang terpilih dimata Allah dan menerima ibadah puasa kita,” tuturnya. (Rizal)

 

To Top