Lingkungan

Puluhan Gelondongan Kayu Ilegal Diamankan

Gelondongan Kayu Illegal Logging di Buloh Seuma, Aceh Singkil

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | Aparat Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Regional VI Kota Subulussalam, mengamankan puluhan gelondongan kayu ilegal di bantaran sungai Bulusema, Desa Bulusema, Kecamatan Suro, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (7/6/2017).

Kasie KPH Regional VI, Syahrial kepada wartawan mengatakan penangkapan terhadap 61 batang atau sekitar 10 ton kayu jenis meranti dan durian tanpa dokumen dan tanpa pemilik itu di sekitar bantaran Sungai Bulussema. Temuan ini berawal dari informasi masyarakat.

“Bekal informasi dari masyarakat, kita ke lokasi bersama anggota Polsek Suro dan ditemukan 61 batang gelondongan kayu tanpa pemilik,” kata Syahrial.

Menurut Syahrial kayu ini diambil dari kawasan hutan lindung di sekitar Kabupaten Pak Pak Bharat, Provinsi Sumatera Utara. Jenis kayunya meranti dan durian.

“Kayu-kayu temuan ini sudah kita angkut dan kita bawa ke Mapolres Aceh Singkil sebagai barang bukti, sisanya juga kita tempatkan di Kantor KPH VI Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam guna pengembangan lebih lanjut untuk mengungkap siapa pemilik kayu tersebut,” ujar Syahrial. [Jamaluddin]

To Top