Sosial

Perpres Ideologi Pancasila, Komitmen Pemerintah Sudah Kuat

Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah sudah membentuk Unit Kerja Presiden (UKP) Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) pada peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72, Kamis, 1 Juni 2017.

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2017 ini ditandantangani Presiden RI, Joko Widodo pada 9 Mei 2017 lalu.

UKP ini adalah lembaga non-struktural yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan umum pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Masa kerja UKP ini mengikuti masa bakti Presiden yang anggaran sepenuhnya diambil dari Pos Sekretariat Kabinet RI.

Kepala Staf Kodam Iskandar Muda, Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin mengatakan komitmen pemerintah untuk penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat.

“Berbagai upaya terus kita lakukan, apalagi dengan diundangkannya Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2017,” kata Kasdam IM saat memimpin Apel Hari Pancasila ke-72 di Lapangan Militer Neusu Aceh, Kamis (01/7/2017) pagi.

Ahmad Daniel Chardin mengajak agar selalu waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

“Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi dan gerakan yang anti Pancasila, anti Undang-Undang Dasar 1945, anti NKRI dan anti Bhineka Tunggal Ika,” tegas Kasdam IM Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin dihadapan Prajurit dan PNS Kodam IM se-garnizun Banda Aceh. [Edi]

To Top