Sosial

Pengelolaan Tambang di Aceh Selatan Buruk

ACEHTERKINI.COM | Pengelolaaan sektor pertambangan di Kabupaten Aceh Selatan dinilai oleh Forum Mahasiswa dan Pemuda Selatan Raya Aceh (Meuseraya) sangat buruk. Pasalnya para pengusaha sangat mudah mendapatkan izin usaha pertambangan dari pemerintah setempat.

Sekjen Forum Mahasiswa dan Pemuda Selatan Raya Aceh, Delky Nofrizal, Aleuhat (04/6/2017) mengatakan, kemudahan mendapatkan izin usaha pertambangan di Aceh Selatan diduga ada oknum yang bermain secara transaksional dengan oknum pejabat tertentu.

“Kami minta KPK agar segera mengusut buruknya pengelolaan SDA di Aceh Selatan ini,” kata Delky dalam keterangannya prihatin. Konon kata Delky, banyak izin tambang yang diberikan itu masuk dalam kawasan hutan lindung.

Delky membeberkan data yang diperolehnya terkait izin usaha pertambangan di Aceh Selatan sejak tahun 2014. Menurutnya ada 19 perusahaan tambang mineral dan batu bara yang telah mengantongi izin usaha pertambangan.

“Kami berharap KPK atau instansi terkait segera turun ke Aceh Selatan untuk menyelesaiakan masalah buruknya pengelolaan tambang di Aceh Selatan.” Kata Delky, putra kelahiran Samadua, Aceh Selatan itu.

To Top