Pendidikan

Noufal Dijanjikan Masuk Sekolah Taruna Nusantara Magelang

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Penemu energi listrik dari pohon kedondong, Noufal Raziq dijanjikan oleh Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Moch. Fachruddin untuk disekolahkan ke SMA Taruna Nusantara di Kota Magelang.

Janji tersebut disampaikan Pangdam IM saat bertemu Naufal di Makodam Iskandar Muda dalam rangka silaturrahmi dan safari Ramadhan, Kamis (01/6/2017) kemarin.

Ayahanda Naufal, Sukri Amman saat dihubungi acehterkini, Jum’at (2/6/2017) mengatakan, Noufal menerima tawaran sekolah tersebut. “Ini untuk masa depan Noufal melanjutkan pendidikannya,” kata Sukri Amman.

Tawaran sekolah Taruna Magelang itu disampaikan dalam pertemuan di Kodam Iskandar Muda sewaktu datang Panglima TNI di Aceh untuk bersilaturrahmi dan safari Ramadhan.

“Naufal perlu diseleksi lagi, kalau tahun ini belum sempat, Insya Allah tahun depan, Panglima TNI menyambut keinginan Noufal dengan baik, Insya Allah diberikan beasiswa,” ujarnya.

Sukri Amman juga menambahkan kehadiran Naufal Raziq disambut baik oleh Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch. Fachruddin.

Pelajar kelas III MTSN Langsa Lama, Kota Langsa ini diberikan piagam perhargaan dan uang saku sebesar Rp3 juta di acara silaturrahmi dan safari Ramadhan Panglima TNI di Aceh.

Sementara itu  Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI  Moch. Fachrudin, S.Sos mengatakan, Naufal memenuhi undangan Pangdam IM untuk berdiskusi mengenai energi yang telah ditemukannya yaitu energi listrik dari pohon kedondong pagar.

Berita Terkait : Cara Naufal Hidupkan Listrik dari Pohon Kedondong

Bocah yang saat ini sudah berusia 15 tahun tersebut telah meneliti energi listrik dari pohon kedondong pagar selama tiga tahun.

“Kami melihat inovasi dari Naufal ini merupakan wujud energi terbarukan yang memanfaatkan potensi alam yang banyak dijumpai di Indonesia. Dan sesuai semangat kami yang sangat mendukung inovasi teknologi baru terbarukan. Harapannya semakin banyak inovator yang menemukan solusi untuk penggunaan energi yang terbarukan,” jelas Pangdam.

Pertemuan selama satu jam tersebut, Mayjen TNI  Moch. Fachrudin, S.Sos memberikan motivasi kepada Naufal agar bisa menciptakan listrik dengan kapasitas yang lebih besar dan handal agar bisa bermanfaat untuk masyarakat luas.

Sebagaiman mana diketahui, Naufal Razil adalah Pelajar Kelas 3 MTsN Langsa Lama, Kota Langsa Provinsi Aceh ini adalah anak pertama dari pasangan Sukri Aman yang sehari-hari bekerja sebagai tukang elektronik dan Deski ibunya, hanya bereksperimen dengan temuannya tersebut, sehingga ia berhasil menciptakan tenaga listrik dari batang pohon kedondong.

“Awalnya saat saya mempelajari ilmu pengetahuan alam, saya membaca bahwa buah yang mengandung asam katanya bisa menghantarkan listrik, akhirnya saya lakukan uji coba pada buah kentang. Setelah itu saya berpikir lagi, kalau buahnya mengandung asam berarti pohonnya juga mengandung asam, akhirnya saya mulai melakukan eksperimen,” kata Naufal.

Berita Terkait : Bocah dari Aceh Ini Sulap Pohon Kedondong Jadi Sumber Listrik

“Pertama kali eksperimen itu saya lakukan pada pohon mangga dan ternyata tidak layak. Akhirnya saya menemukan kedondong pagar yang kadar asam atau getahnya mampu menghantarkan listrik”, jelasnya.

Meski demikian, Naufal mengaku bahwa bekal yang dimiliki tidak hanya dari sekolah. Namun juga adanya dukungan sang Ayah yang sangat membantu dalam percobaannya tersebut. [Firman]

To Top