Politik

Mendagri Pastikan Pelantikan Irwandi Yusuf pada 5 Juli 2017

ACEHTERKINI.COM | Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan Pelantikan Gubernur dan wakil Gubernur Aceh dilakukan di Banda Aceh dalam sidang istimewa DPR Aceh pada 5 Juli 2017.

Dilansir dari laman republika.co.id, Kamis (29/6/2017), berdasarkan undang-undang begitu (teknisnya). Nanti ada upacara di istana setelah pelantikan di Banda Aceh.

Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh, pada pasal 69 menyebutkan gubernur dan wakil gubernur Aceh yang baru dilantik dan diambil sumpahnya oleh Mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia di hadapan ketua mahkamah syariah.

Tjahjo melanjutkan, gubernur dan wakil gubernur merupakan tangan kanan Presiden. Karena itu, tetap ada upacara di istana negara setelah pengambilan sumpah jabatan.

Pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih merupakan pelantikan kepala daerah periode kedua dari hasil pilkada serentak lalu. Terakhir, pemerintah akan melantik gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih pada Oktober mendatang.

Sebelumnya, pemerintah telah melantik lima gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak 2017. Kelimanya, yakni pasangan gubernur dan wakil gubernur Papua Barat, Gorontalo, Sulawesi Barat, Banten dan Bangka Belitung.

Informasi yang dihimpun acehterkini, Kamis (29/6/2017), DPR Aceh juga sudah melayangkan surat undangan kepada Forkopimda Aceh terkait hasil Badan Musyawarah DPR Aceh tanggal 23 Juni 2017 untuk menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022, Rabu 5 Juli 2017 pukul 08.00 wib di Gedung Utama DPR Aceh.

Undangan nomor 160/1526 tersebut ditandatangani oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Sulaiman Abda pada 23 Juni 2017.

Sebagaimana diketahui ini akan menjadi periode kedua bagi Irwandi Yusuf memimpin Aceh. Penasehat Partai Nasional Aceh yang kini menjadi Ketua Umum Partai Nanggroe Aceh itu pernah menjabat sebagai gubernur Aceh pada periode 2007-2012.

Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Aceh terpilih, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah menggantikan Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2012-2017, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf. [Firman]

To Top