Sosial

Media Siber Harus Go Lokal

ACEHTERKINI.COM | Ekonom senior yang juga anggota dewan penasehat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) berpesan perusahaan media siber memberikan perhatian yang serius pada berbagai persitiwa yang terjadi di daerah.

Itu disampaikan Rizal Ramli dalam Rapat Pleno Pengurus SMSI di Wisma Tamu Puspitek, Tangerang Selatan, Banten, Hameh (8/6/2017).

“Media siber harus go local, memberikan ruang yang cukup bagi berita-berita daerah,” ujar Rizal Ramli.

Rizal Ramli berpesan agar SMSI membantu anggotanya menjadi media massa yang kredibel di tengah pertarungan di pasar media yang semakin keras.

Mengejar hits berita, sebutnya, harus dilakukan tanpa mengabaikan hal yang paling esensial dari jurnalistik, yakni kebenaran faktual. Selain itu, media siber juga perlu menawarkan berbagai analisa yang konstruktif dan mencerdaskan masyarakat.

Kredibilitas, kata dia, adalah kunci keberhasilan perusahaan media siber. Kredibilitas yang tinggi memiliki kaitan dengan kepercayaan yang tinggi, baik dari kalangan pembaca maupun kalangan mitra bisnis.

Hal lain yang disampaikan Rizal Ramli adalah pesannya agar media-media siber anggota SMSI menangkal berita hoax yang bisa memecah belah persatuan dan merusak kehidupan berbangsa dan bernegara. [Ril]

To Top