Layanan Publik

Masalah Tenaga Kerja, KSPI Mengadu ke Manager PLN Aceh

Pertemuan KSPI Aceh dengan GM PLN Wilayah Aceh, Senin (12/6/2017).

Foto | Istimewa

ACEHTERKINI.COM | Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Aceh mengadakan pertemuan dengan Manager PLN Wilayah Aceh, Jefri Rosiadi terkait masalah salah satu vendor penyedia tenaga kerja outsourcing di lingkungan PLN.

Pertemuan itu berlangsung di ruang kerja Manager PLN Wilayah Aceh, Seulanyan (12/6/2017) pukul 14.00 wib hingga pukul 16.00 wib.

Hadir dalam pertemuan itu Ketua KSPI Aceh, Drs. Syaifulmar, Sekjen KSPI Aceh, Habibi Inseun dan pengurus Federasi Serikat Pekerja Indonesia (FSPMI) Usman serta Ketua SPEE PLN Sigli, Syarifuddin.

Dalam pertemuan itu, KSPI Aceh melaporkan adanya masalah salah satu vendor penyedia tenaga kerja yang masih mengbaikan peraturan sehingga merugikan pekerja di PLN.

Habibie Inseun dalam keterangannya kepada acehterkini, Seulanyan (12/6/2017) mengatakan, masalah vendor itu karena telah memutuskah hubungan pekerjaan secara sepihak terhadap 12 orang pekerja dan telah ada perjanjian bersama namun tidak dijalankan oleh vendor tersebut.

Akibatnya kata Habibi muncul masalah yaitu perselisihan hak karena tidak melaksanakan perjanjian bersama itu sehingga permasalahan ini didaftarkan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) pada Pengadilan Negeri Banda Aceh.

Dalam pertemuan itu, Ketua SPEE OS PLN Sigli Syarifuddin berharap agar PLN Wilayah Aceh mengevaluasi lagi sikap vendor yang tidak melaksanakan apa yang telah dijanjikan baik dalam perjanjian bersama maupun dalam bentuk notulen rapat.

Habibi Inseun juga berharap agar PLN Wilayah Aceh mengambil sikap dan sanksi pada perusahaan yang terbukti melakukan pelanggaran.

Mengutip pernyataan Habibi Inseun bahwa GM PLN Wilayah Aceh Jefri Rosiadi berjanji akan mengevaluasi kembali terhadap permasalahan tersebut serta akan mencari jalan keluar.

PLN Wilayah Aceh sudah memberikan peringatan pertama dan kedua dan apabila terjadi kesalahan sekali lagi maka peringatan ketiga berupa mencabut kerjasamanya dengan PLN.

To Top