Sosial

Malam Hari Raya, Pemerintah Aceh Gelar Takbiran Keliling

Foto | dok. acehterkini

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh akan mengadakan takbiran keliling pada malam Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, Sabtu (24/6/2017) setelah Shalat Isya. Kepala Biro Huma dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin, Rabu (21/6/2017) mengatakan, Gubernur Aceh akan melepas pawai takbiran keliling di Masjid Raya Baiturrahman.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemerintah Aceh dengan Panitia Penyelenggara Peringatan Hari-Hari Besar Islam (P3HBI),” sebut Mulyadi Nurdin.

“Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan malam takbiran ini, seperti biasa untuk hadir setelah shalat Isya, nanti akan ada beberapa ruas jalan yang akan dilewati oleh para peserta takbiran,”pungkas Mulyadi dalam keterangannya yang diterima acehterkini.

Kemudian besoknya, Aleuhat (25/6/2017) pelaksanaan shalat Idul Fitri akan dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman sekitar pukul 07.30 wib. Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, DR. H. Munawar A. Jalil, MA dinobatkan sebagai khatib, sedangkan Imam shalat ditunjuk Ustadz Munawir Darwis, Lc, Alhafidz yang merupakan Imam tetap Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

“Tahun ini shalat Idul Fitri dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman karena memang pasca rehab halaman masjid, kini sudah mampu menampung hingga 24 ribu jamaah lebih,”ujarnya.

Mulyadi juga menyarankan agar jamaah yang datang terlebih dahulu berwudhuk di rumah, meskipun menurutnya saat ini tempat wudhuk di Masjid Raya sudah banyak, akan tetapi dengan jumlah jamaah yang diperkirakan bisa mencapai 20 ribu orang, maka dikhawatirkan akan terjadi antrian panjang.

To Top