Peristiwa

Luka Infeksi, Anak Gajah Mati di PKG Saree

Foto | BKSDA Aceh

ACEHTERKINI.COM | Seekor anak gajah mati di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree, Kabupaten Aceh Besar, Seulasa (13/6/2017) pukul 13.00 wib.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, anak gajah yang mati adalah anak gajah yang dievakuasi dalam kondisi malnutrisi dan stress karena terpisah dari induknya di Kabupaten Aceh Timur pada Januari 2017 lalu.

“Setelah lima bulan dirawat di PKG Saree, anak gajah berjenis kelamin jantan ini akhirnya tidak bisa diselamatkan nyawanya oleh tim dokter gabungan BKSDA Aceh, FKH Unsyiah dan Vesswic,” kata Satpo Aji Prabowo.

Menurut Sapto anak gajah ini memang dalam kondisi depresi selama lima bulan perawatan di PKG dan nafsu makannya tidak stabil. “Pernah kena diare parah, lalu membaik. Kemudian lemas lagi, lalu ditangani tim dokter, dan tadi Seulasa pagi kembali lemas,” kata Sapto.

Dari hasil otopsi ditemukan luka infeksi pada ususnya. Penyebab pasti kematian akan diketahui setelah adanya hasil laboratorium.  BKSDA mencatat dari Januari 2017 hingga 13 Juni 2017 ini sudah dua bayi dan satu janin serta tiga induk gajah mati. [Firman]

To Top