Ekonomi

Layani Penukaran Uang Lebaran, BI Aceh Gandeng 5 Bank

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh menggandeng lima bank di Kota Banda Aceh untuk melayani kebutuhan uang tunai selama Ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri.

Asisten Direktur, Kepala Tim Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Provinsi Aceh, Teuku Munandar mengatakan, BI mengajak lima bank untuk membuka layanan penukaran uang di Barata Plaza kawasan sekitar Masjid Raya Baiturrahman mulai 5 Juni hingga 22 Juni 2017 mendatang.

“Lima bank itu adalah BNI, BRI, Mandiri, Bank Aceh Syariah dan Bank Muamalat,” kata Teuku Munandar kepada acehterkini, Selasa (6/6/2017).

Bank Indonesia memperkirakan permintaan masyarakat Aceh terhadap uang tunai selama Ramadhan dan lebaran tahun ini mencapai Rp1,5 triliun.

““Tahun 2015 lalu jumlah uang yang diedarkan di wilayah kerja BI Provinsi Aceh di 13 kabupaten kota sebanyak Rp900 miliar, kemudian tahun 2016 meningkat menjadi Rp1,5 triliun, tahun ini diproyeksikan kurang lebih sama dengan tahun 2016,” kata Teuku Munandar.

Terkait data penukaran uang di bulan puasa dan lebaran, Teuku Munandar menjelaskan tahun 2015 lalu jumlah uang yang ditukar masyarakat Aceh mencapai Rp13,5 miliar. Sedangkan tahun 2016 meningkat menjadi Rp17,5 miliar.

“Tahun lalu penukaran uang lebaran juga dilakukan di Barata Plaza dan Kantor BI Banda Aceh, pecahan yang kita siapkan adalah pecahan kecil Rp20.000 ke bawah. Karena masyarakat banyak meminta pecahan Rp5.000 dan Rp2.000,” terang T. Munandar.

Sebagai syaratnya tidak diatur. Teuku Munandar memastikan kepada nasabah yang ingin menukar uang tidak perlu bawa KTP, tapi cukup mengisi nomor antrian di bank dan pecahan yang diinginkan.

“Jumlahnya maksimal Rp5 juta, kalau lebih dari Rp5 juta penukar akan diarahkan untuk menukar di Kantor Bank Indonesia Banda Aceh,” demikian Teuku Munandar. [Firman]

To Top