Sosial

Lailatul Qadar Merupakan Rahasia Allah swt

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Ketua Asosiasi Ilmu Alquran dan Tafsir se- Indonesia (AIAT) Dr Sahiron Syamsuddin mengatakan, Lailatul Qadar merupakan rahasia Allah. Namun, Rasulullah memberikan petunjuk bahwa malam ini akan terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

“Lailatul Qadar yang setiap tahun hingga hari kiamat tadi itu terjadi kapan atau malam ke berapa di Bulan Suci Ramadhan itu merupakan rahasia Allah. Nabi SAW bersabda bahwa ia terjadi di sepuluh akhir bulan tersebut,” ujarnya dilansir dari laman republika.co.id, Aleuhat (17/6/2017).

Dia mengatakan, Lailatul Qadar merupakan malam kemuliaan di mana Alquran diturunkan oleh Allah SWT. Kata dia, sebagian besar ulama mengatakan bahwa penurunan Alquran ini dari Allauhul Mahfudz ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. “Sebagian yang lain mengatakan bahwa Alquran ini diturunkan pertama kali kepada Nabi Muhammad pada Malam Qadar,” ucapnya.

Setelah itu, lanjut dia, Lailatul Qadar diperingati oleh umat Islam sebagai malam yang penuh keutamaan. Menurut dia, Rasulullah telah memberi tuntunan agar pada malam tersebut umat Islam disunnahkan untuk melakukan i’tikaf dan ibadah-ibadah lainnya.

“Adapun Lailatul Qadar yang ada pada setiap Bulan Ramadan setelah itu hanya merupakan semacam peringatan saja. Meskipun demikian, ia tetap memiliki keutamaan yang jauh lebih tinggi daripada malam-malam yang lain,” katanya.

Comments
To Top