Ekonomi

Kodam IM Targetkan Cetak Sawah 4975 Hektar

Foto | dok. acehterkini

ACEHTERKINI.COM | Kodam Iskandar Muda menargetkan program pelaksanaan cetak sawah baru tahun 2017 di Provinsi Aceh seluas 4975 hektar. Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Moch Fachruddin mengatakan, program itu merupakan kerja sama TNI dengan Kementerian Pertanian dalam mendukung swasembada pangan.

Pangan merupakan kebutuhan dasar yang permintaannya terus meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk dan peningkatan kualitas hidup. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional,” kata Moch Fachruddin di Makodam IM, Kamis (15/6/2017).

Pangdam IM menyebutkan pelaksanaan cetak sawah baru ditargetkan seluas 4.975 hektar di 13 kabupaten kota, 68 kecamatan dan 119 desa di sembilan Kodim dalam wilayah Kodam Iskandar Muda.

Paling luas di Aceh Barat 799 hektar, Aceh Singkil 732 hektar, Bener Meriah 670 hektar, Aceh Timur 650 hektar, Aceh Selatan 613 hektar, Nagan Raya 354 hektar, Aceh Jaya 334 hektar, Subulussalam 333 hektar.

Kemudian Aceh Tengah seluas 120 hektar, Aceh Barat Daya 114 hektar, Pidie 90 hektar dan Pidie Jaya 80 hektar.

“Keberhasilan program cetak sawah dapat dicapai apabila proses perencanaan dan pelaksanaannya dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Selain itu kendala yang dihadapi di lapangan harus dapat diatasi dengan cara berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten kota, serta instansi terkait guna kelancaran pelaksanaan kegiatan,” demikian Mayjen TNI Moch. Fachrudin S.Sos. [Edi]

Comments
To Top