Ekonomi

Harga Daging Tembus Rp180 Ribu Per Kilogram di Abdya

Meugang lebaran di Pasar Manggeng, Abdya

Foto | Rizal

 ACEHTERKINI.COM | Mendekati Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah, harga daging kerbau di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mencapai Rp180 ribu per kilogram.

Sementara harga daging pada meugang puasa Ramadhan kemarin berkisar antara Rp150 ribu sampai Rp170 rib per kilogram.

“Kami tidak tahu penyebab mahalnya harga daging ini, Rp180 ribu per kilogram. Walaupun begitu kami tetap membeli daging musiman ini, apalagi dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, besok,” kata Rahmat, salah seorang pembeli, Sabtu (24/6/2017).

Riki, salah seorang pedagang daging yang membuka lapak di Lapangan Bola Kaki Manggeng mengatakan, daging kerbau dijual dari harga Rp175.000 sampai Rp180.000 per kilogram. Sementara kalau untuk daging sapi tidak ada pedagang yang menjual dilokasi ini.

Meskipun begitu, warga tetap membeli daging dengan harga yang melambung tinggi. Menurutnya, kebutuhan daging memang perlu apalagi menyambut lebaran.

Muslim, salah seorang warga Desa Mesjid, Kecamatan Tangan-Tangan mengaku sudah memesan daging sehari sebelum proses pemotongan dilakukan. “Saya sudah pesan daging sebelum dilakukan pemotongan, berapapun dijual kita tetap beli, tidak jadi masalah karena sudah menjadi tradisi didaerah kita,” ungkapnya.

Proses pemotongan tidak hanya dilakukan di Pasar Manggeng saja, akan tetapi juga dilakukan di Pasar Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan, wilayah Kecamatan Blangpidie, Kuala Batee dan juga Babahrot.

Harga daging juga bervariasi, semakin lama dilokasi penjualan, maka nilai harga daging juga perlahan mulai berkurang. Terkadang bisa mencapai Rp110 ribu per kilonya.

Akan tetapi, hasil amatan dilapangan, persediaan daging di Abdya tergolong terbatas jika dibandingkan dengan meugang puasa kemarin. Untuk Pasar Manggeng saja hanya menyediakan 30 ekor kerbau, berbeda dengan hari meugang puasa kemarin bisa mencapai 50 ekor kerbau. (Rizal)

To Top