Hukum

Enam Napi Rutan Singkil Kabur

ACEHTERKINI.COM| Enam tahanan cabang Rumah Tahanan Singkil Kabupaten Aceh Singkil melarikan diri dengan membobol tembok kamar tahanan, Jum’at (16/6/2017) sekira pukul 04.00 WIB.

Tahanan yang kabur tersebut lima diantaranya terlibat  kasus Narkoba sedangkan seorang lagi masih dalam proses peradilan kasus Curanmor.

Kelima tahanan kabur yang terlibat Narkoba yaitu, Tar Ali Alias Si Aceh Bin M.Yusuf warga Desa Namo Buaya Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam dengan masa hukuman tujuh tahun enam bulan penjara.

Kedua, Roni Fitra Hendrawan bin Amarhum Hendri warga Medan, Sumutra Utara yang di vonis empat tahun enam bulan.

Ketiga, Heri Saputra, warga Krueng Batu, Kluet Utara, Aceh Selatan divonis hakim empat tahun enam bulan penjara.

Kemudian Khairil Ikhsan bin Ilyas warga Paya Seunara, Suka karya Kota Sabang yang divonis empat tahun enam bulan penjara.

Terakhir Mahmud Tarigan, warga asal Desa Lipat Kajang, Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil divonis satu tahun enam bulan penjara.

Selanjutnya  Eki Syahputra, warga Gosong Telaga Timur, Kecamatan Singkil Utara yang terlibat kasus curanmor yang masih menjalani proses peradilan, yang bersangkutan juga adalah salah seorang tahanan titipan Hakim Pengadilan Negeri Singkil.

Kepala Rutan Cabang Aceh Singkil Katimin S melalui J Harahap, SH selaku PK BAPAS (Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan) mengatakan, narapidana melarikan diri dengan membobol tembok bagian belakang sel yang mereka huni dengan menggunakan cairan kimia, sendok, alat penyemprot dan sejumlah peralatan lain.

Menurut Harahap, setelah ke enam Napi melarikan diri dari sel, selanjutnya mereka memanjat tembok rutan sebelah timur dengan Kayu dan kain yang digulung.

“Sejauh ini para petugas langsung melakukan pencarian dan kami juga sudah melaporkan kejadian ini kepimpinan kami ditingkat atas dan kepada pihak kepolisian resort Aceh Singkil,” sebut Harahap.

Terpisah, Kapolres Aceh Singkil AKBP Ian Rizkian Milyardin.SIK saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.

“Dari pihak rutan sudah menyampaikan laporan terkait kaburnya enam narapidana di rutan Singkil,” jelas Kapolres.

Kata Kapolres, sejauh ini pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk mencari keberadaan para napi yang kabur, dan foto -foto para narapidana juga sudah disebarkan. [Jamaluddin]

To Top