Sosial

Dari Sabang sampai Meurauke adalah Keberagaman

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | Hari Lahirnya Pancasila dilaksanakan  guna  meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Itu disampaikan Kapten Inf. Zetro, Danramil 02 Aceh Singkil saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pancasila, Kamis (01/6/2017) di Lapangan Makodim 0109 Aceh Singkil, Desa Ketapang Indah, Kecamatan Singkil Utara.

Zetro mewakili Dandim 0109 Aceh Singkil Letkol Kav. Kapti Hertantyawan yang sedang menyambut Panglima TNI di Kota Banda Aceh. Sementara itu komandam upacara dipimpin oleh Danramil 01 Pulau Banyak, Letda Inf. Agus Subiantoro.

Danramil 02 Aceh Singkil Kapten Inf.Zetro mengatakan, kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman, Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia, itulah Kebhinneka tunggal ikaan kita.

Kendati demikian, kehidupan berbangsa dan bernegara di Negara kita sedang mengalami tantangan, Kebhinekaan kita sedang diuji. Saat ini ada pandangan dan tindakan yang mengancam kebinekaan dan keikaan kita.

Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila dan masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyalahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong.

Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal lka, maka kita akan terhindar dari masalah tersebut dan bisa hidup rukun serta bergotong royong untuk memajukan negeri. Pancasila dan Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.

“Ceramah keagamaan, materi pendidikan fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial juga harus dapat menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila,” sebut Zetro. [Jamaluddin]

To Top