Layanan Publik

Cara Naufal Hidupkan Listrik dari Pohon Kedondong

Naufal dan Jenderal TNI

ACEHTERKINI.COM | Terangkat namanya sejak tahun 2016 lalu. Ia diundang di acara Pertamina Science Fun Fair pada tanggal 29 Oktober 2016 di Jakarta untuk berbagi inspirasi karena telah menghasilkan karya yang inovatif dan inspiratif serta telah mampu mengharumkan nama bangsa.

Naufal Raziq terkenal jenius. Ia berhasil membuat eksperimen bagaimana mendapatkan arus listrik dari pohon kedondong.

Pelajar Kelas 3 MTsN Langsa Lama, Kota Langsa Provinsi Aceh ini adalah anak pertama dari pasangan Supriaman dan Deski, hanya bereksperimen dengan temuannya tersebut, sehingga ia berhasil menciptakan tenaga listrik dari batang pohon kedondong.

Baca Juga : Bocah dari Aceh Ini Sulap Pohon Kedondong Jadi Sumber Listrik

“Awalnya saat saya mempelajari ilmu pengetahuan alam, saya membaca bahwa buah yang mengandung asam katanya bisa menghantarkan listrik, akhirnya saya lakukan uji coba pada buah kentang. Setelah itu saya berpikir lagi, kalau buahnya mengandung asam berarti pohonnya juga mengandung asam, akhirnya saya mulai melakukan eksperimen,” kata Naufal tahun lalu di Jakarta.

“Pertama kali eksperimen itu saya lakukan pada pohon mangga dan ternyata tidak layak. Akhirnya saya menemukan kedondong pagar yang kadar asam atau getahnya mampu menghantarkan listrik”, jelasnya.

Meski demikian, Naufal mengaku bahwa bekal yang dimiliki tidak hanya dari sekolah. Namun juga adanya dukungan sang Ayah yang sangat membantu dalam percobaannya tersebut.

Naufal Raziq di acara Pertamina Science Fun Fair 2016 [Foto : Sindonews]

“Kebetulan ayah Naufal bekerja di elektronik. Jadi sedikit banyak saya tahu alat-alat elektronik,” paparnya. Naufal sudah melakukan lebih dari 60 kali percobaan dan menelan biaya sekitar Rp14 juta.

Dihadapan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Kodam Iskandar Muda, Banda Aceh Rabu (31/5/2017), Naufal menceritakan bagaimana pohon kedondong bisa memberikan energi listrik (Spondias Dulcis Forst).

Untuk menghasilkan energi listrik pada pohon kedondong, pohon itu dipasangi rangkaian yang terdiri pipa tembaga, batangan besi, kapasitor, dan dioda.

“Dari pohon kedondong itu, bisa menghasilkan daya sebesar 0,5–1 Volt per elektroda, arus listrik yang dihasilkan sangat bergantung kepada kadar keasaman pohon.” jelas Naufal Raziq.

Melalui beberapa evaluasi dan perbaikan, penemuan pohon listrik itu telah mampu menerangi puluhan rumah di Tampur Paloh, Kecamatan Simpang Jernih, Langsa, Aceh, untuk pencahayaan lampu pada malam hari.

Penemuan Naufal ini memang tidak datang begitu saja. Bahkan tidak hanya dari sekolah. Dukungan sang ayah sangat membantu dalam percobaannya tersebut.

Pertemuan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmatnyo dengan Naufal Raziq memang telah dipersiapkan khusus oleh Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Fachruddin pada acara Silaturrahmi dan Safari Ramadhan 1438H/2017M di Kodam Iskandar Muda, Rabu 31 Mei 2017. [Edi]

To Top