Layanan Publik

Cara Azhar Membawa Kabupaten Aceh Jaya Berhasil

Ir. Azhar Abdurrahman

Foto | Arif

ACEHTERKINI.COM | Masing-masing kepala daerah memiliki cara tersendiri membangun daerahnya supaya berhasil. Bagi Azhar Abdurrahman, Bupati Aceh Jaya modal yang paling penting membangun daerah adalah kebersamaan atau kerjasama tim.

Kepada acehterkini, Jum’at (02/6/2017), Azhar menuturkan ada lima hal yang harus dilakukan jika kita ingin mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat dengan tujuannya adalah untuk membangun daerah.

Lima hal itu kata Azhar adalah pengesahan anggaran tepat waktu. Kemudian opini WTP dari BPK RI juga sangat mempengaruhi motivasi kinerja pemerintah daerah.

Ditambah kemudian adalah penilaian dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi terkait kemajuan kinerja pemerintah. “Untuk hal ini, Alhamdulillah, Aceh Jaya mendapat nilai C plus seperti tahu 2016,” kata Azhar.

Dua hal lagi kata Azhar adalah meningkatnya angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) di sektor pendidikan dan kesehatan. Terakhir dengan meningkatkan perhatian kepada program-program yang pro rakyat seperti yang pernah dijalankan di Aceh Jaya dengan nama “Gerakan Pembangunan Rakyat Aceh Jaya” atau disingkat dengan GERBANG RAJA.

“Lima hal itu sudah cukup untuk kita dapat memperoleh dana tambahan dari pemerintah pusat untuk membangun daerah,” kata Azhar usai menerima opini WTP dari BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Aceh Jaya tahun 2016, Jum’at tadi di Banda Aceh.

Dengan menerima opini WTP ini juga akan membuka peluang bagi Aceh Jaya untuk memperoleh dana intensif dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia kedepan.

“Modal yang paling penting adalah kerjasama tim, ini akan membawa sukses dalam membangun Aceh Jaya. Kemudian disiplin aparatur pemerintah untuk memperoleh target kerja yang baik,” kata Azhar yang telah membangun Aceh Jaya sejak hancur porak-poranda diterjang tsunami hingga menuju kegemilangan (2007 – 2017).

Menurutnya disiplin aparatur pemerintah bukan hanya dilihat dari absensinya tapi kepatuhannya dalam melaksanakan setiap perintah dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Paling penting, kerjasama tim, membangun keharmonisan kerja antara eksekutif dan legislatif dalam mengambil keputusan,” demikian Bupati Aceh Jaya, Ir. Azhar Abdurrahman. [Arif]

To Top