Hukum

Bupati Aceh Singkil Digugat Ke Pengadilan

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM | Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Singkil secara resmi mengajukan gugatan kepada Bupati Aceh Singkil, Safriadi, SH. Senin,(5/6/2017) di Pengadilan Negeri Singkil dengan Nomor Register perkara: 07/Pdt.G/2017/PN.Skl.

Kuasa Hukum Panwaslih Kabupaten Aceh Singkil, Hasnan Manik, S.H,M.H mengatakan, gugatan tersebut dimajukan dikarenakan Bupati Aceh Singkil H.Safriadi, SH tidak menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebagai syarat pencairan anggaran Panwaslih yang sudah disahkan pada Qanun Aceh Singkil No 2 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten Aceh Singkil sebesar Rp 2 milyar.

Akibat belum cairnya Anggaran Panwaslih tersebut berbagai agenda Panwaslih menjadi terganggu mengingat masa kerja Panwaslih berakhir hingga Agustus 2017.

Kata Hasnan, gugatan yang diajukan tersebut berupa gugatan perbuatan melawan hukum. Karena Safriadi sebagai bupati telah melanggar hak subjektif Panwaslih ketika segala persyaratan sudah dipenuhi dan tahapan pengawasan Pilkada sudah dilakukan dengan baik oleh Panwaslih, dan dengan tidak dapat dicairkan anggaran untuk honorarium dan operasional, mengakibatkan Panwaslih menderita kerugian materil dan immateril.

“Kami sebagai kuasa hukum meminta Pengadilan untuk mengeluarkan amar putusan berupa Bupati telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum, memerintahkan Bupati Aceh Singkil menandatangani NPHD, dan membayar kerugian inmateril Panwaslih sebesar Rp 1 Milyar,” sebut Hasnan.

Sambungnya, jika Kliennya sangat kecewa dengan sikap Bupati Aceh Singkil yang tidak terpilih pada Pilkada yang lalu, sehingga melampiaskan kemarahannya dengan cara menghambat pencairan anggaran Penyelenggara Pilkada.

“Ini bupati paling aneh, sebab satu-satunya bupati di dunia yang tidak mau menandatangani NPHD, kami menyarankan agar Jokowi mengundang Safriadi ke istana untuk berbuka puasa bersama sekaligus membina mentalitasnya sebagai aparatur negara, ” demikian pungkas Hasnan.

Hingga berita ini diturunkan, acehterkini belum mendapat konfirmasi langsung dari Bupati Aceh Singkil, Safriadi. Sementara berbagai upaya konfirmasi sudah dilakukan wartawan di Aceh Singkil. [Jamaluddin]

To Top