Sosial

Buka Puasa Bersama Hanya ada di Indonesia

ACEHTERKINI.COM | Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan buka puasa bersama adalah tradisi umat Islam yang hanya ada di Indonesia.

Itu dikatakannya saat menggelar acara buka puasa bersama di rumah dinas wakil Ketua MPR, Sabtu (10/6/2017). Acara tersebut dihadiri Ketua MPR Zulkifli Hasan beserta Wakil ketua MPR Mahyudin S.T., M.M.. Anggota MPR dan Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR, serta beberapa duta besar negara sahabat.

Dikutip dari laman mpr.go.id, Seulanyan (12/6/2017), Hidayat Nur Wahid mengatakan tradisi buka puasa bersama ini terjaga karena sesuai dengan keragaman dan adat kebiasaan bangsa Indonesia.

Melalui tradisi buka bersama, bangsa Indonesia yang beragam suku, bangsa dan bahasa melakukan silaturrahmi, sekaligus menjaga ukhuwah.

“Karena kita beragam, membuat buka puasa bersama terasa dibutuhkan untuk menjaga rasa saling pengertian dan memahami antara satu dengan yang lain”, kata Hidayat menambahkan.

Banyak persoalan kata Hidayat yang bisa diselesaikan bangsa Indonesia jika terus membudayakan silaturrahmi pada acara buka puasa bersama. Karena dengan silaturrahmi akan terjalin pemahaman dan kebersamaan yang semakin baik.

 

To Top