Peristiwa

BMKG Deteksi 46 Titik Panas di Aceh

Titik Panas di Provinsi Aceh

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Provinsi Aceh menemukan 46 titik panas yang tersebar di 11 kabupaten kota, Hameh (8/6/2017).

Forscaster on Duty BMKG, Citra Kusmardani melalui Kepala Bagian Data dan Informasi, Zakari mengatakan, ada enam titik panas tingkat kepercayaan tinggi mencapai 81-100 persen.

“Enam titik itu berada di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya ditemukan tiga titik, Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat ada 1 titik dan Kabupaten Aceh Jaya ditemukan dua titik,” tulis Zakaria dalam laporanya.

Kemudian 40 titik panas juga ditemukan di kabupaten yang sama dengan tinggi kepercayaan tinggi mencapai 51-80 persen.

Lokasinya tersebar di Kecamatan Beutong, Darul Makmur, Kuala , Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya ditemukan 16 titik panas.

Tujuh titik panas juga ditemukan di Kecamatan Setia Bakti, Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Kemudian lima titik ditemukan di Kecamatan Bakongan, Trumon Kabupaten Aceh Selatan.

Kemudian tiga titik panas juga ditemukan di Kecamatan Simpang Kanan dan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil dari hasil pantauan Sensor MODIS (Satelit Terra dan Aqua)

Dua titik panas masing-masing ditemukan di Kecamatan Arogan Lambalek, Meureubo Kabupaten Aceh Barat, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah dan Kecamatan Putribetung dan Teurangon Kabupaten Gayo Lues.

Sedangkan di Kecamatan Kuala Batee Aceh Barat Daya, Kecamatan Rundeng Subulussalam dan Kota Langsa ditemukan masing-masing satu titik panas.

Kondisi ini tidak terlepas dari cuaca panas yang sedang melanda wilayah barat selatan Provinsi Aceh. BMKG menghimbau masyarakat agar tetap mewaspadai peningkatan suhu udara. [Firman]

To Top