Ekonomi

Bayar Zakat Fitrah, Silahkan Pilih Dua Mazhab ini…

Manshur S.Ag

ACEHTERKINI.COM | Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh telah menetapkan kadar zakat fitrah pada Ramadhan 1438H/2017M. Masyarakat boleh menggunakan mazhab Hanafi dan mazhab Syafii.

Kepala Kantor Kemenag Kota Banda Aceh, Drs. Amiruddin melalui Penyelenggara Syariah, Manshur S.Ag mengatakan zakat tertinggi dalam bentuk uang sebesar Rp49.000, menengah Rp42.000, kecil Rp39.000 dan terkecil Rp30.000 per jiwa.

“Kalau dibayar dengan beras sebesar 2,8 kilogram per jiwa atau satu setengah bambu satu genggam,” kata Manshur, Aleuhat (18/6/2017).

Ia menuturkan penetapan kadar zakat fitrah tahun ini melalui rapat yang melibatkan MPU, Mahkamah Syariah, Dinas Syariat Islam, Dinas Pendidikan Dayah dan Baitul Mal Kota Banda Aceh.

“Hasil rapat tersebut, kita ambil keputusan boleh masyarakat menggunakan mazhab Hanafi (bayar zakat dengan uang) atau mazhab syafii (bayar zakat dengan beras),” kata Manshur.

“Kita akomodir dua pendapat itu, tergantung masyarakat mau pilih yang mana. Memang kalau pakai uang itu memang angkanya lebih besar. Karena kalau bayar dengan uang bukan standarnya 2,8 kilogram tapi sudah 3,8 kilogram, itu pendapat Imam Hanafi,” kata Manshur.

Kalau Imam Syafii tidak boleh pakai uang, harus dengan barang yang mengenyangkan misalnya beras. Kalau berdasarkan Fatwa MPU Aceh Nomor 13 Tahun 2014, zakat fitrah yang dikeluarkan wajib dalam bentuk makanan pokok daerah setempat.

Dalam Fatwa MPU itu juga disebutkan zakat fitrah berdasarkan mazhab Hanafi dapat dikeluarkan dalam bentuk harga dari kurma kering, gandum sya’ir, anggur kering dan gandum bur seharga 3,8 kilogram per jiwa. [Firman]

To Top