Sosial

Antisipasi Kerawanan Pangan, TNI Manfaatkan Lahan Kosong

Foto | Jamaluddin

ACEHTERKINI.COM| Dalam rangka untuk  mengantisipasi kerawanan pangan, Prajurit TNI jajaran Koramil 08/Singkohor  bersama masyarakat yang tergabung dalam kelompok Tani Wira Kartika Desa Singkohor Kecamatan Singkohor, Kabupaten Singkil memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam.

Pelaksanaan  pemanfaatan lahan kosong tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi Komando atas melalui Komandan Kodim (Dandim) 0109/Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyawan,SH ke jajaran bawah khususnya Koramil untuk  memberdayagunakan lahan kosong untuk menjadi lahan tersebut sebagai sumber tambahan bagi masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan kegiatan non program di satuan yang terarah, berdayaguna dan berlanjut secara terus menerus dan sebagai contoh dengan tujuan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar satuan Khusus nya dan diwilayah binaan Babinsa Koramil 08/Singkohor pada umumnya.

Disamping itu, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menguatkan swasembada pangan yang merupakan kebutuhan skunder masyarakat yang dapat terpenuhi setiap harinya dan mengantisipasi kebutuhan tersebut dari kerawanan swasembada pangan apabila terjadi bencana alam diwilayah seperti longsor dan banjir kiriman yang setiap saat dapat saja terjadi.

Pada umumnya masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Tani Wira Kartika binaan Koramil 08/Singkohor ini terdiri dari pemuda yang ada di lingkungan sekitar satuan Koramil dengan harapan dapat menarik minat para generasi muda untuk mau bertani dan mengurangi beban para orang tua mereka terhadap kerawanan swasembada pangan.

” Kegiatan ini memiliki makna dan arti yang mendalam, bahwa Satuan Koramil mampu dan peduli dengan lingkungan sekitar untuk dapat dijadikan sebagai contoh dan suri teladan kepada masyarakat di wilayah kerja masing – masing Koramil,” kata Danramil 08/Singkohor Danramil 08/Singkohor Kapten INF G.Armogan Cibro, Jumat (2/6/2017) di Aceh Singkil. [Jamaluddin]

To Top