Kesehatan

63 Persen Calon Jamaah Haji Indonesia Beresiko Tinggi

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Dari jumlah calon jamaah haji tahun 2017 sebanyak 221.000 orang, 63 persen diantaranya beresiko tinggi. Hal tersebut menjadi pertimbangan dalam Rapat Kerja Kementerian Agama RI dengan Komisi IX DPR RI terkait kesiapan layanan kesehatan bagi calon jamaah haji, Senin (05/6/2017).

Raker dipimpin oleh Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf di Gedung Parlemen Senayan Jakarta, Senin (5/6). Hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek. Tampak mendampingi Menag Plt. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nur Syam, pejabat eselon II Ditjen PHU, dan Karo Umum Syafrizal.

Karena 63 persen calon jamaah haji beresiko tinggi, Komisi IX DPR RI mendorong Kemenkes untuk menambah petugas haji melalui pengajuan visa non-haji berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan meningkatkan mobilitas petugas PPIH Bidang Kesehatan Arab Saudi.

Komisi IX juga mendorong Kemenkes untuk mempercepat pemeriksaan kesehatan haji dan pemberian vaksinasi kepada seluruh calon jamaah haji dengan target yang jelas serta melakukan langkah-langkah proaktif sehingga menjangkau seluruh calon jamaah haji sebelum kloter pertama diberangkatkan.

Selanjutnya, Komisi IX DPR RI juga meminta Kementerian Agama bekerjasama dengan Kemenkes untuk memastikan bahwa setiap embarkasi haji dilengkapi dengan perbekalan kesehatan sesuai standar yang telah ditentukan.

Kemenag RI

To Top