Sosial

2079 Nelayan Aceh Jaya Sudah Terdaftar di Asuransi

ACEHTERKINI.COM | Dari 2500 nelayan yang ada di Kabupaten Aceh Jaya, 2079 di antaranya sudah mendaftar untuk ikut program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN). Sedangkan sisanya masih terkendala statusnya di e-KTP.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Jaya, Ridwan S.Pi di sela-sela penyerahan santunan bantuan BPAN kepada ahli waris nelayan yang meninggal dunia, Jumat (09/6/2017).

Ia menjelaskan asuransi ini bukan meminta nelayan untuk musibah. “Ini merupakan asuransi ketenagakerjaan, sehingga dengan terdaftar ke dalam asuransi maka dapat membantu beban keluarga yang ditinggalkan oleh nelayan yang meninggal dunia,” ujar Ridwan kepada acehterkini.

Terkait masih adanya nelayan yang belum mengikuti program BPAN ini, Ridwan mengatakan, kendala yang sedang dihadapi adalah banyak nelayan yang belum mengubah KTP nya denga status sebagai nelayan.

“Kalau dalam e-KTP tidak berstatus sebagai nelayan maka tidak bisa mendapatkan kartu asuransi tersebut,” kata dia.

Ridwan berharap agar para nelayan di Aceh Jaya segera mengubah status pekerjaan di e-KTP dengan nelayan bukan statusnya swasta atau wiraswasta sehingga dapat mudah mendaftar sebagai salah satu anggota asuransi tersebut. [Arif]

To Top