Hukum

2.678 Narapidana di Aceh Dapat Remisi Lebaran, 27 Orang Bebas

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 2.678 Narapidana yang ada di Lembaga Permasyarakatan di Provinsi Aceh mendapat remisi atau pengurangan masa tahanan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Aceh, Drs. Gunarso

Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Aceh, Drs. Gunarso kepada acehterkini, Aleuhat (25/6/2017) mengatakan, ada 2.678 orang warga binaan yang beragama Islam mendapat remisi khusus lebaran tahun 2017.

“Kemudian ada 27 orang warga binaan yang beragama Islam langsung bebas,” kata Drs. Gunarso.

Pemberian remisi ini mengacu Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, dimana Remisi atau pengurangan masa tahanan yang diberikan pada setiap Hari Raya Keagamaan dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Remisi khusus Idul Fitri diberikan kepada narapidana beragama Islam yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif, diantaranya telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin narapidana), serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas/rutan.

Secara nasional total narapidana yang diberikan remisi oleh pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 66.481 orang dari jumlah keseluruhan 136.641 narapidana beragama Islam. [Edi]

To Top