Sosial

Warga Sambut Malam Nisfu Sya’ban di Masjid Raya Baiturrahman

Foto | dok. Aceh Terkini

ACEHTERKINI.COM | Bulan Sya’ban adalah bulan yang penuh berkah dan kebaikan. Allah swt membukakan pintu rahmat dan juga ampunan yang seluas-luasnya. Pada malam Nisfu Sya’ban dianjurkan kepada umat Islam memperbanyak ibadah Sunnah.

Ini terlihat pada Kamis (11/5/2017) malam. Warga Banda Aceh dan sekitarnya ramai-ramai memadati Masjid Raya Baiturrahman. Ruas jalan di sekitar Masjid Raya disesaki kenderaan roda empat dan sepeda motor.

Warga menyambut malam nisfu sya’ban dengan membaca Al Qur’an dan memperbanyak shalat Sunnah di Masjid Raya Baiturrahman hingga hampir larut malam.

“Pada malam nisfu sya’ban kita dianjurkan memperbanyak doa, membaca Al-Qur’an, melaksanakan ibadah Sunnah dan puasa, Allah swt akan mengampuni dosa-dosa kita, Insya Allah,” kata salah seorang warga.

Sayyid Muhammad bin Alawi Al – Maliki dalam bukunya Madza fi Sya’ban menerangkan ada tiga amalan yang bisa dilakukan pada malam nisfu Sya’ban. Yang pertama ada memperbanyak doa. Anjuran tersebut didasarkan pada hadist riwayat Abu Bakar jika Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya.

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Yang kedua, membaca dua kalimat syahadat sebanyak – banyaknya. Dua kalimat syahadat termasuk kalimat yang mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapanpun dan dimanapun apalagi pada malam nisfu Sya’ban.

Ketiga adalah memperbanyak istighfar. Tidak ada satu pun dari manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itulah manusia. Karenanya meminta ampunan dengan istighfar sangat di anjurkan apalagi pada malam nisfu Sya’ban.

To Top