Pendidikan

USAID Prioritas Tutup Program di Abdya

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Setelah lima tahun menjalankan program di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), United States Agency for International Development (USAID) Prioritas yang bekerja sama dengan sejumlah sekolah tingkat SD/MI dan SMP/MTs di kabupaten setempat telah berakhir.

Acara penutupan program kerjasama ini berlangsung di Aula Arena Motel, Blangpidie, Selasa (16/5/2017).

Kegiatan itu ditutup oleh Koordinator USAID Prioritas Aceh, Ridwan Ibrahim yang dihadiri Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Abdya, Saiful Azhar, Kepala Dinas Pendidikan, Drs.H.Yusnaidi, M.Pd, kepala sekolah dan fasilitator daerah.

Koordinator USAID Prioritas Aceh, Ridwan Ibrahim menyampaikan, berbagai program telah dilaksanakan di Abdya selama bekerja sama dengan Pemkab Abdya yang berjalan kurang lebih selama 5 tahun terhitung sejak 2013 lalu.

Ada 30 fasilitator daerah bidang pembelajaran dan manajemen SD/MI dan SMP/MTs serta fasilitator buku bacaan berjenjang untuk membaca kelas awal SD/MI. Kemudian, 23 SD/MI dan SMP/MTs mitra USAID Prioritas telah dilatih secara langsung. Bahkan, 30 fasilitator tersebut juga telah berhasil melatih sebanyak 354 guru.

Selain itu, USAID sudah menghibahkan 69.000 buku untuk meningkatkan budaya baca di sekolah mitra dan buku bacaan berjenjang  kepada 133 SD/MI dan 8 SMP/MTs di Abdya untuk keterampilan membaca dan pemahaman bacaan pada kelas awal.

“30 fasilitator ini merupakan aset dan mereka merupakan SDM yang baik serta berkualitas. Ketika program USAID Prioritas telah berakhir, kami harapkan Pemkab Abdya untuk memanfaatkan mereka dan jangan disia-siakan. Mutu dan kualitas para fasilitator ini telah terjamin,” papar Ridwan singkat.

Sementara itu, Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Abdya, Saiful Azhar memberikan apresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih atas konstribusi USAID Prioritas. Dimana, program tersebut telah meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Abdya dengan mengutamakan pembaharuan, inovasi dan kesempatan bagi guru, tenaga kependidikan serta siswa.

Dalam 5 tahun perjalanannya, USAID Prioritas telah mampu memberikan perubahan di dunia pendidikan Abdya, seperti adanya peningkatan peran guru, disiplin, minat baca siswa hingga lingkungan sekolah yang semakin membaik.

“Terimakasih kami ucapkan atas upaya selama ini dalam mengarahkan pendidikan di Abdya ke arah yang lebih baik. Selama itu pula, telah banyak keberhasilan yang dicapai para guru termasuk siswa. Semoga apa yang telah diterapkan tersebut dapat terus dikembangkan kepada para guru yang lain, siswa di sekolah lain agar setiap kemajuan dan keberhasilan yang telah dicapai juga dapat dirasakan oleh sekolah-sekolah lain,” demikian imbuhnya. (Rizal)

To Top