Ekonomi

Transaksi Kopi di Penas KTNA Capai Rp16,1 Miliar

ACEHTERKINI.COM | Selain menjadi ajang pertukaran informasi dan teknologi, hasil yang diperoleh pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV Aceh adalah terjadinya transaksi pasar lelang sejumlah komoditas hingga mencapai Rp16,1 miliar.

Ketua KTNA Nasional Winarno Tohir mengatakan, pelaksanaan Penas KTNA XV Aceh berlangsung sukses. Kegiatan empat tahunan ini mampu menciptakan tukar menukar informasi dan teknologi pertanian sesama petani dengan akademisi dan peneliti.

Penutupan Penas KTNA kXV Aceh, 11 Mei 2017

“Selain pertukaran teknologi, hasil yang diperoleh pada Penas Aceh yakni telah terjadi transaksi pasar lelang komoditas di antaranya antara jambu biji, kopi, bawang merah, dan jagung mencapai Rp 16,1 milyar,” ungkap Winarno pada acara Penutupan Penas KTNA XV Aceh di Stadion Harapan Bangsa, Kamis (11/5/2017).

Masih kata Winarno, pelaksanaan gelar teknologi dalam rangkaian kegiatan Penas sangat baik diterapkan masyarakat petani di seluruh daerah khususnya di Provinsi Aceh.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian (Sekjen Kementan), Hari Priyono menyampaikan Penas KTNA memiliki peran strategis dalam memberikan kesempatan petani untuk meningkatkan peran aktif guna menyongsong peningkatan produksi dan kesejahteraan.

Menurutnya, Pelibatan petani sangat penting  dalam mempercepatan upaya peningkatkan hasil dan nilai guna komoditas pangan. [Edi]

To Top