Kesehatan

Tips; Sebelum Donor Darah, Perhatikan Ini …

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Darah adalah cairan yang tak bisa dipisahkan dari tubuh manusia dan hewan. Bila kehabisan darah, maka makhluk-makhluk ini akan mati. Ada masalah dengan darah pun berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan kematian.

Kegiatan donor darah untuk mereka yang membutuhkan juga sering diadakan berbagai pihak. Lalu, apa saja syaratnya agar bisa menyumbangkan darah kita untuk orang lain? Berikut penjelasan versi Hello.

Siapa yang bisa menjadi donor?
– Orang yang fit dan sehat.
– Berat badan tak kurang dari 50 kilogram.
– Berusia 17 – 66 tahun

Seberapa sering kita boleh berdonor?
Laki-laki bisa menjadi donor setiap 12 minggu sedangkan perempuan setiap 16 minggu.

Bagaimana caranya unntuk berdonor?
Cek kesehatan terlebih dulu dan hubungi badan setempat, misalnya Palang Merah Indonesia.

Apa yang harus dilakukan sebelum mendonor?
Saat kedatangan kita akan diberi petunjuk soal pentingnya keamanan darah, lalu diminta meminum 500 mililiter air lima menit sebelum melakukan donor untuk menjaga kondisi kita sebelum dan sesudah mendonor.

Setelah itu perawat akan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi kita siap untuk berdonor dan darah yang kita sumbangkan juga aman bagi yang membutuhkan. Perawat juga akan mengambil setetes darah dari ujung jari untuk memastikan kita tak kekurangan zat besi. Bila lolos semua persyaratan itu, barulah kita diminta duduk di tempat pengambilan darah.

Bagaimana caranya mengetahui golongan darah?
Sebelum melakukan donor, darah pendonor akan diperiksa terlebih dulu untuk mengetahui golongannya.

Kenapa darah O Negatif lebih dibutuhkan?
Sel-sel darah O Negatif bersifat universal. Artinya darah itu bisa ditransfusikan ke siapa saja, apapun golongan darahnya. Sayangnya, tak banyak orang yang memiliki golongan darah ini, hanya di bawah 10 persen dari populasi.

Sumber : Tempo

To Top