Sosial

Tiga Unsur Syariat Islam Bisa Berjalan Baik di Aceh

ACEHTERKINI.COM | Syariat ini dari Allah swt. Tujuan syariat yang dibuat oleh Allah swt sangat mulia, bagaimana aturan bisa berjalan di bumi ini, maka oleh pemerintah membuat aturan sebagai jabaran dari Nash Al Qur’an dan Hadist serta ketentuan hukum yang ada dalam hukum Islam, fiqih.
Dr. Tgk. Abdul Gani Isa mengatakan, ada tiga unsur syariat Islam bisa berjalan baik di Aceh. Pertama, harus ada komitmen dari Ulil Amri, pemimpin atau penguasa negeri mulai dari tingkat provinsi, kabupaten sampai ke tingkat gampong.

“Kalau tidak ada komitmen maka syariat Islam secara kaffah tidak akan berjalan maksimal,” kata Anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh itu, Selasa (23/5/2017) di Masjid Jamik Syuhada, Gampong Lamgugob, Kota Banda Aceh.

Kemudian unsur kedua, adalah harus ada kontrol sosial Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Semua elemen masyarakat harus bersama-sama mengawal jalannya syariat Islam di Aceh.

Ketiga, syariat Islam bisa berlangsung dengan baik, adanya kesadaran dan ketaqwaan dari masyarakat itu sendiri, ini bisa dilakukan dengan pendidikan masyarakat, memperbanyak majelis taklim, pengajian dan tausiah-tausiah.

“Tanpa tiga unsur itu, maka tidaklah maksimal dalam pemberlakukan syariat Islam di Aceh ini,” tutur Tgk. Abdul Gani Isa.

Ia mengutip Kitab Ruhul Ma’ani yang menyatakan bisa suatu negara dimanapun negara itu berada bila tidak mau menerapkan syariat Islam secara kaffah, maka negara itu tidak pernah aman dan tentram, habis satu masalah muncul masalah yang lain, ujian dan bencana akan datang dari Allah swt. [Firman]

To Top