Kesehatan

Sakit Gigi? Tubuh Anda Kurang Kalsium, Kurangi Kopi

ACEHTERKINI.COM | Kalsium adalah mineral yang paling melimpah di tubuh manusia. Tidak hanya baik untuk memperkuat tulang dan gigi, kalsium juga penting untuk menjaga sel yang sehat, sekresi hormon, pembekuan darah, serta berperan penting dalam kontraksi dan relaksasi otot.

Jika tubuh kekurangan kalsium, maka berbagai masalah dan risiko kesehatan bisa timbul. Maka dari itu, mempertimbangkan asupan kalsium sangatlah penting. Kekurangan kalsium tidak hanya berisiko terhadap penyakit Osteoporosis tetapi juga menyebabkan kerontokan rambut bahkan kejang dan lemah.

Untuk itu, Anda perlu mewaspadai tanda-tanda apa saja yang timbul ketika seseorang kekurangan kalsium. Orang yang kurang kalsium biasanya akan merasa mudah lelah terutama disiang hari tanpa ada penyebab yang jelas.

Kekurangan kalsium biasanya juga ditandai dengan kerusakan gigi. Jika Anda sering merasakan sakit gigi atau gigi berlubang bisa jadi itu peringatan bahwa Anda kekurangan kalsium. Selain itu, otot yang lemah juga bisa mengindikasi kurangnya asupan kalsium dalam tubuh.

Jika telah mendapati tanda-tanda tersebut, maka Anda harus segera memenuhi asupan kalsium. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengurangi asupan yang memiliki efek absorpsi terhadap kalsium seperti  Sodium yang biasanya terdapat pada makanan dengan kadar garam tinggi.

Untuk menjaga asupan asupan kalsium, Anda juga harus mengontrol konsumsi kafein. Secangkir kopi menyebabkan hilangnya sekitar 3 miligram kalsium dalam tubuh. Selain kopi, alkohol juga terbukti berdampak negatif mengurangi kalsium dalam tubuh, dilansir dari laman Lifehack.

Sumber : Republika

To Top