Sosial

Puasa Membentuk Akhlak yang Mulia

Dialog Dakwah Ramadhan

ACEHTERKINI.COM | Dalam bulan Ramadhan kita hanya mengganti siklus kebiasaan kita sehari-sehari. Biasanya kita makan di pagi, siang hari dan beristirahat pada malamnya. Sedangkan dalam Ramadhan kita berpuasa dari semenjak fajar hingga matahari terbenam dan menghidupkan malam dengan ibadah-ibadah.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Masrul Aidi selaku pimpinan Pondok Pesantren Modern Babul Maghfira saat mengisi Dialog Dakwah Ramadan di Aula Madani, Balai Kota, Rabu (31/5/2017).

Dalam kajian dakwah ini, Ustaz Masrul Aidi membahas pembentukan akhlak melalui puasa Ramadhan. Ia mengatakan puasa Ramadhan dan segala amal ibadah yang dilakukan dalam bulan mulia ini akan membentuk pribadi akhlak mulia.

Ustadz Masrul Aidi

Masrul mengatakan Ramadhan akan melatih manusia untuk berkomitmen karena dalam bulan ini Allah swt telah menerapkan aturan-aturan di luar kebiasaan dalam bulan-bulan lainnya.

“Dalam Ramadhan kita harus menahan lapar dan melaksanakan Tarawih secara rutin dalam sebulan. Di sinilah kita dilatih untuk berkomitmen dan konsisten. Biasanya orang yang sulit menjaga komitmen akan sulit sukses dunia dan akhirat,” imbuhnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam berpuasa kita juga melatih kejujuran, karena semua ibadah yang diwajibkan di bulan suci ini hanya Allah swt yang tahu apakah dilaksanakannya atau tidak.

“Dari contoh-contoh tersebut itulah keterkaitan antara puasa Ramadhan dan pembentukan akhlak. Siapa yang melakukan ibadah di bulan Ramadhan dengan baik maka akhlaknya akan semakin baik,” tutupnya.

Dialog Dakwah Ramadhan ini terbuka untuk umum. Acara ini berlangsung pukul 08.30 wib hingga 11.00 wib hingga 15 Juni 2017 mendatang yang dipusatkan di Aula Madani, Balai Kota Banda Aceh.

Pemerintah Kota Banda Aceh mengundang tujuh penceramah yang akan mengisi dialog dakwah Ramadhan ini. Mereka adalah, Ustaz Masrul Aidi (31 Mei 2017), Tgk. Syukri Daud BA (Jum,at 2 Juni 2017), Ustadz Irfan Yusuf S.Pd.I (Senin, 5 Juni 2017), Dr. Fauzi Saleh MA (Rabu, 7 Juni 2017), Ustadz Fahmi Sofyan (Jum,at 9 Juni 2017), Dr. Armiadi Musa MA (Selasa, 13 Juni 2017), dan Ustadz Mursalin Basyah (Kamis, 15 Juni 2017). [Edi]

To Top