Politik

PPK dan PPS Abdya dibubarkan

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 45 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 396 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dibubarkan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) di Halaman Kantor KIP setempat, Kamis (18/5/2017).

Ketua KIP Abdya Elfiza SH MH menyampaikan, pembubaran PPK dan PPS se Kabupaten Abdya ini menandakan bahwa sudah selesainya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Abdya, yakni tentang pemilihan Gubernur – Wakil Gubernur Aceh dan Bupati-Wakil Bupati Abdya.

“Dalam perhelatan tersebut, kita sudah selesai melakukan pemungutan suara sehingga Bupati dan Wakil Bupati Abdya sudah terpilih juga sudah diparipurnakan,” kata Elfiza.

Dikatakannya, Pilkada di Abdya termasuk hal yang sangat unik hingga menjadi viral di media sosial (Medsos). Dimana Abdya merupakan peserta Pilkada terbanyak di seluruh Indonesia, salah satu peserta digugurkan oleh KPU bedasarkan perintah dari hasil koreksi DKPP.

“Perlu diketahui, KIP Abdya tidak mencoret, karena itu merupakan perintah KPU. Dengan banyaknya peserta Pilkada itu, menjadi sebuah prestasi bahwa putra-putri Abdya banyak yang berminat untuk  membangun daerah,” ujarnya.

Meskipun Pilkada sudah selesai, riak-riak kecil juga sudah dapat diatasi. Ini kerja sama yang baik dari unsur Muspida dan Stakeholder lainnya dengan keyakinan serta keinginan untuk mensukseskan Pilkada damai, aman hingga menghilangkan konflik dalam daerah.

“Luar biasa bahwa Pilkada di Abdya berjalan dengan aman dan suskses, banyak pihak yang memprediksi akan tertunda, namun ternyata tidak bergeser dari jadwal yang ditentukan. Sekali lagi, Ini bukan prestasi KIP tapi prestasi kita semua,” tuturnya.

Pada kesempatan ini juga, Elfiza memberitahukan, bahwa partisipasi pemilih di Abdya mencapai 80 persen, dan itu merupakan hal yang sangat luar biasa jika dibandingkan dengan daerah lain.

“Ditengah-tengah adanya masalah yang muncul, minat pemilih bisa mencapai 80 persen. Ini tidak terlepas dari peran penyelenggara yang membawa nilai-nilai positif hingga Pilkada ditingkat masyarakat selesai dengan sempurna,” tambahnya.

Diakhir kata, Elfiza mengucapkan terimakasih yang tidak terhingga kepada unsur Muspida, atas segala dukungannya, kepada para unsur Muspika yang juga memberikan rasa aman bagi penyelenggara ditingkat bawah, untuk menciptakan kondisi yang kondusif.

Tak terhingga kepada seluruh PPK dan PPS atas dedikasi dan pengabdiannya sehingga sukses Pilkada tidak ada artinya tanpa ada perjuangan rekan-rekan PPK dan PPS di Abdya.

“Semoga kita bisa berjumpa lagi dimomen selanjutnya nanti. Secara pekerjaan kita sudah selesai, tapi secara hubungan silaturahmi akan terus terjalin selamanya,” demikian Elfiza.

Secara singkat, Asisten Pembanguna dan Kesejahteraan Rakyat, Setdakab Abdya, Saiful Azhar, menyampaikan, bahwa PPK dan PPS memiliki peran penting dalam mensukseskan Pilkada di Abdya.

“Kami atas nama pemkab Abdya mengucapkan terimakasih atas pengabdiannya selama ini, sehingga Pilkada di Abdya berjalan dengan aman dan damai,” ungkapnya.

Disamping itu, Saiful Azhar juga mengapresiasi KIP Abdya selaku penyelenggara pilkada di Abdya. Juga kepada pihak keamanan yakni TNI/Polisi yang telah membantu pelaksanaan pilkada berjalan dengan sukses.

“Banyak hal-hal unik yang terjadi selama tahapan pilkada, dukungan berbagai pihak termasuk masyarakat dapat mencitakan situasi yang kondusif selama Pilkada,” ujarnya. (RiZal)

To Top