Sosial

PMI Targetkan 1500 Kantong Darah dari Jamaah dan Penikmat Kopi

Qamaruzzaman Haqny

ACEHTERKINI.COM | Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh menargetkan 1500 kantong darah dari pendonor selama bulan suci Ramadhan 1438H/2017M.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny kepada acehterkini, Selasa (30/5/2017) mengatakan, selama Ramadhan seperti biasa pasien operasi tetap banyak membutuhkan darah. Begitu juga terhadap pasien yang butuh transfusi darah.

“PMI mengeluarkan 100 sampai 130 kantong darah setiap hari untuk keperluan rumah sakit di Banda Aceh dan Aceh Besar. Ada 16 rumah sakit yang kita layani,” kata Qamaruzzaman Hagny.

Permintaan setiap rumah sakit tergantung kebutuhan. Kata Qamaruzzaman kadang-kadang 80 kantong, ada 60 kantong, rata-rata di atas 50 kantong darah. Paling banyak permintaan adalah Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA).

Untuk membantu kebutuhan darah bagi pasien di rumah sakit, PMI menargetkan 1500 kantong darah dari pendonor selama bulan suci Ramadhan tahun ini.

Pendonor ini dari jamaah shalat Isya, Taraweh dan Witir di masjid-mesjid dan meunasah serta masyarakat umum yang sedang menikmati kopi di warung.

“Target kita setiap tim harus dapat minimal 20 kantong darah per hari, walaupun terkadang dapat hanya di bawah target,” tuturnya.

Selama bulan puasa, PMI Kota Banda Aceh menggelar safari Ramadhan Mobil Unit Donor Darah di masjid-masjid dan warung kopi di Kota Banda Aceh mulai tanggal 28 Mei sampai 19 Juni 2017.

“Mulai Ramadhan ke dua sampai Ramadhan ke-18, tiga unit mobil donor darah akan standby di masjid-masjid dan meunasah dalam Kota Banda Aceh pada pukul 19.30 sampai 24.00 wib. Setiap malam kita standby di tiga masjid dan meunasah,” kata Ketua PMI Kota Banda Aceh.

Kemudian pada malam Ramadhan ke-18 atau 13 Juni 2017, PMI mulai mendatangi warung-warung kopi di Banda Aceh.

“Dua unit mobil donor darah akan ditempatkan di warung taufik kopi 2 Lamdingin dan warung taufik 1 jalan Pocut Baren. Tim akan stanby dari pukul 19.30 sampai 24.00 wib,” kata Qamaruzzaman Haqny.

Kemudian malam berikutnya (Ramadhan ke-19) di Solong Premium Lambhuk, Chek Yuke Kupi Lampineung dan Tower Café Simpang Lima.

Hingga malam terakhir acara safari Ramadhan Mobil Unit Donor Darah pada Ramadhan ke-24 atau 19 Juni 2017 di Star Jazz Kupi Batoh, Zakir Kupi Lamprit dan SMEA Kupi Lampineung. [Firman]

To Top