Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Aceh Triwulan I 2017 Hanya 2,87 Persen

ACEHTERKINI.COM | Pertumbuhan ekonomi Provinsi Aceh pada Triwulan I tahun 2017 hanya mencapai 2,87 persen. Angka itu menunjukkan pertumbuhan ekonomi Aceh berada pada urutan ketiga terendah di Sumatera setelah Riau dan Kepulauan Riau.

Kepala Badan Pusat Statistik Aceh (BPS), Wahyuddin Jum’at (5/5/2017) menyampaikan ekonomi Aceh pada Triwulan I 2017 mengalami penurunan disebabkan karena menurunnya nilai tambah konstruksi sebesar 16.32 persen. Sedangkan dari pengeluarannya disebabkan menurunnya konsumsi pemerintah sebesar 45,82 persen.

Menurunnya pengeluaran konsumsi pemerintah secara signifikan, dimana realisasi anggaran pemerintah pada triwulan I 2017 masih belum optimal.

Kemudian pengeluaran konsumsi rumah tangga juga tumbuh melambat. Hal ini karena adanya peringatan Maulid dan peringatan tsunami serta liburan akhir pada triwulan IV 2016.

Jika ditinjau berdasarkan konstribusi dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Provinsi Aceh merupakan daerah ketiga dengan konstribusi terkecil terhadap PDRB Sumatera sebesar 4,85 persen setelah Bangka Belitung dan Bengkulu. [Firman]

To Top