Sosial

PBNU : Sebaiknya Ngaji Tadarus Sampai Pukul 22.00 wib

KH Manan Ghani

ACEHTERKINI.COM | Semangat umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah meningkat di Bulan Ramadhan. Karena itu, tak heran jika umat Islam banyak yang menargetkan khatam Alquran sebanyak-banyaknya bahkan hingga melupakan waktu.

Pada Bulan Ramadhan, biasanya umat Islam akan menggelar baca Alquran bersama-sama di masjid secara bergantian atau tadarus. Mereka akan mengejar target jumlah khataman Alquran tampa henti.

Salah satu Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Manan Ghani mengatakan, sebenarnya tidak perlu untuk menargetkan sekian khataman Alquran. Karena, menurut dia, kadang tidak sesuai dengan imbauan yang diinginkannya.

“Tidak perlu menargetkan sekian kali khatam. Karena kadang-kadang tidak sesuai dengan imbauan yang kita inginkan,” ujarnya, Selasa (30/5/2017).

Menurut dia, sebaiknya tadarus Alquran di bulan Ramadhan tersebut hanya dilakukan hingga pukul 22.00 WIB, sehingga tidak mengganggu orang lain yang sedang beristirahat. “Jadi anjurannya kalau sudah tarawih selesai maksimal sampai jam 22.00 WIB kalau mau pakai pengeras suara,” ucapnya.

Kiai Manan menambahkan, imbauan tersebut dikeluarkan untuk menghargai masyarakat yang sedang beristirahat. Apalagi, kata dia, sesuatu yang berlebihan tersebut sejatinya memang tidak baik dan masyarakat juga masih harus bangun lagi untuk sahur sebelum Subuh.

“Ini bukan untuk menghargai umat lain tapi untuk menghargai orang yang istirahat yang kebetulan di dalamnya ada umat lain juga,” kata Kiai Manan.

Sumber Republika

To Top