Pendidikan

Menuju IAIN, STAIN Teungku Dirundeng Mulai Dibangun Permanen

Kampus Baru STAIN Teungku Dirundeng

Menuju peningkatan status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh mulai melakukan pembangunan sarana dan prasarana yang permanen. Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng, Syamsuar mengatakan, pembangunan permanen akan dimulai tahun 2017.

Ia menjelaskan dana pembagunnanya berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Kementerian Agama RI.
“Tahun 2017 ini dialokasikan sebesar Rp 8 miliar dan 2018 mendatang akan dialokasikan Rp13 miliar,” kata Syamsuar dalam keterangannya yang diterima acehterkini, Aleuhat (14/5/2017).

“Pembangunan kampus tersebut untuk mempercepat peningkatan status perguruan tinggi negeri menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN), lokasinya di kawasan Alue Penyareng, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat,” kata Syamsuar.

Sementara itu Kepala Humas STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Muksinuddin menyampaikan pihak kampus telah mengusulkan enam Program Studi (Prodi) baru ke Kementerian Agama RI untuk memenuhi kebituhan fasilitas pendidikan tinggi.

“Penambahan Prodi tersebut merupakan bagian upaya mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi nasional dalam peningkatan kualitas pendidikan,” ujarnya.

Enam Prodi yang diusulkan itu adalah Prodi Tadris Bahasa Inggris, Matematika, IPA, Fisika, Akutansi Syariah, Manajemen Keuangan Syariah dan Manajemen Zakat, Wakaf.

“Saat ini ada 2.000 mahasiswa aktif di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh yang ditampung di 11 Prodi, jurusan Tarbiyah dan Keguruan, Syariah dan Ekonomi Islam serta Komunikasi Islam,” kata Muksinuddin.

“Kami senantiasa mengharapkan dukungan Pemerintah Daerah dan semua mitra kampus untuk mewujudkan kampus baru kebanggaan masyarakat barat selatan Aceh (Barsela) dalam membangun pendidikan lebih baik,” harapnya.

To Top