Sosial

Menristekdikti Pimpin Nusantara Mengaji di Unsyiah

Nusantara Mengaji

ACEHTERKINI.COM | Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Muhammad Nasir memimpin acara Khataman Al-Qur’an di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam rangka Nusantara Mengaji.

Pengajian tersebut dipusatkan di Masjid Jami’ Kampus Unsyiah dan diikuti oleh beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN/PTS) di Indonesia, Aleuhat (14/5/2017) malam.

Khataman Al-Qur’an  serentak Perguruan Tinggi se-Indonesia ini diikuti 4 PTN dari luar Provinsi Aceh secara teleconferenre, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, dan Universitas Mulawarman Samarinda.

Muhammad Nasir mengatakan, Nusantara Mengaji ini diinisiasi oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009-2014) Muhaimin Iskandar dan Dr KH Ahsin Sakho Muhammad MA Alhafizh sebagai deklaratornya.

Selanjutnya dilakukan deklarasikan bersama untuk Indonesia damai dan sejahtera. Nusantara Mengaji di Unsyiah ini merupakan kali kedua untuk pelaksanaan Nusantara Mengaji di kampus. Sebelumnya kegiatan ini berlangsung di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

“Pembacaan Al-Quran serentak ini diharapkan bisa membuat Indonesia menjadi tenang, damai, dan sejahtera,” harapnya.

Prof Muhammad Nasir menjelaskan, Nusantara Mengaji awalnya diselenggarakan pada tahun 2016. Jumlah total peserta Nusantara Mengaji waktu itu sekitar 12 juta orang. Mereka semua mengkhatamkan Al-Quran hingga 335 ribu kali.

“Hal ini baru ada di Indonesia dan kegiatan ini diusahakan untuk dilaksanakan secara terus-menerus,” jelasnya. [Edi]

To Top