Layanan Publik

Masalah di Gampong Diselesaikan Secara Adat, baru ke Polisi

Kapolres Aceh Jaya Dipesiujuek

ACEHTERKINI.COM | Setiap ada kasus-kasus yang terjadi gampong atau desa maka sebaiknya diselesaikan secara adat gampong. Apabila masalah itu juga tidak selesai maka sebaikanya di bawa ke ranah hukum yang formil.

Hal tersebut dikatakan Bupati Aceh Jaya, Azhar Abdurrahman usai mempeusijuk Kapolres Aceh Jaya yang baru AKBP Eko Purwanto S. Ag. M.H di Pendapa pada Rabu (17/5/2017).

Menurut Azhar akhir-akhir ini banyak masalah yang semestinya cukup diselesaikan di tingkat gampong melalui lembaga adat yang sudah terbentuk. Namun sering kali pihak yang berperkara lebih memilih diselesaikan secara formil dengan membawanya ke kepolisian.

“Kedepan agar hal ini dapat diselesaikan dulu di tingkat gampong, jika tidak selesai baru kemudian dibawa ke lembaga hukum formil. Upaya ini dilakukan agar adat istiadat yang berlaku di gampong tidak hilang,” kata Azhar Abdurrahman.

Sebagaimana diketahui Kapolres Aceh Jaya AKPB Eko Purwanto menggantikan AKBP Riza Yulianto yang kini bertugas sebagai Kapolres Bireuen. [Arif]

To Top