Politik

LSM Internasional Hadiri Duek Pakat Raya Partai Atjeh Hijau

Kongres Partai Atjeh Hijau

ACEHTERKINI.COM | Organisasi internasional yang konsen terhadap isu-isu lingkungan hadir dalam pembukaan kongres Duek Pakat Raya (DPR) Partai Atjeh Hijau di Aula Hotel Lading, Sabtu (20/5/2017).

Panitia pelaksana kegiatan kogres itu, Alam Mirza dalam keterangannya menyampaikan, organisasi asing yang hadir itu adalah Sekretaris Internasional Partai Hijau Jepang Rikiya Adachi, yang juga salah satu Konselor Asia Pacific Greens Federation (APGF) dan Global Greens.

Pada kesempatan itu, Adachi pun turut menyampaikan sambutan tertulis dari Penny Allman-Payne selaku Ketua APGF.

“Secara khusus, kami berterima kasih kepada Asia Pacific Greens Federation/Global Greens, dan International Development Coodinator  (IDC) The Green of Australia yang telah mendukung pelaksanaan Duek Pakat Raya  (Kongres-I) Partai Atjeh Hijau  (DPR/K-1 PAH),” kata Alam Mirza.

Sebagaimana diketahui, Partai Atjeh Hijau (PAH) yang dideklarasikan pada 5 Juni 2013 ini menggelar “Duek Pakat Raya” atau kongres perdana di Banda Aceh. Mengusung tema Tameusahoe, Tapeusaboh Droe, TapeuPAH Nanggroe Meudeilat Bansa.”

Duek Pakat Raya (Kongres) I Partai Atjeh Hijau (DPR/K-I PAH) dibuka secara resmi oleh Sekretaris Setnas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Agus Setyarso.

Prosesi pembukaan ditandai dengan penabuhan Rapai oleh Guru Besar Fakultas Kehutanan UGM tersebut yang didampingi oleh Presiden PAH Zahrul dan perwakilan pendiri/deklarator PAH Jes Putra Kluet.

Kongres PAH ini digelar dalam rangka menyiapkan kelengkapan administratif, konstitusional, dan landasan ideologis serta platform strategis Politik Atjeh Hijau melalui sebuah proses demokratis dan jaminan keterwakilan kebutuhan seluruh daerah di Aceh secara berimbang dan berkeadilan.

“Selain beragendakan pembahasan AD/ART, platform, dan roadmap PAH menuju Pemilu 2019, dalam kongres nantinya juga akan dilakukan pemilihan dan penetapan Presiden PAH defenitif periode 2017-2022,” kata Alam Mirza.

Adapun para peserta Duek Pakat Raya  (Kongres-I) Partai Atjeh Hijau yakni para penerima mandataris PAH dari 23 kabupaten kota se-Aceh, dimana masing-masing kabupaten kota terdiri dari tiga penerima mandataris. [Ril]

To Top