Sosial

Kasrem 012/TU Buka Latihan Posko I Kodim Abdya

Foto | Rizal

Kepala Staf Korem 012/Teuku Umar, Letnan Kolonel Inf Yudiono, S.Ag membuka Latihan Posko I Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) Wira Bhakti – I Tahun 2017 yang berlansung di Makodim setempat, Senin (15/5/2017).

Dalam latihan Posko I itu merupakan latihan puncak tingkat Satuan Koordinator Wilayah (Satkowil) jajaran Korem 012/TU dengan tujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodalops yang berlansung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 15 s.d 17 Mei 2017.

Unsur yang terlibat dalam latihan tersebut, Dandim, Kasdim dan Perwira beserta Anggota Staf Kodim 0110/Abdya dengan tema latihan “Kodim 0110/Abdya melaksanakan operasi perbantuan kepada pemerintah daerah diwilayah tanggung jawab teritorialnya dalam rangka penanggulangan bencana alam”.

Dalam kesempatan itu, Kasrem 012/TU, Letkol Inf Yudiono mengharapkan, melalui Latihan  Posko I ini, antara unsur Komandan dan Staf, akan terjalin suatu kerjasama yang sinergis dalam penerapan prosedur Komando dan Staf dalam suatu operasi mulai proses perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan pengakhiran serta dapat mencermati dan mengantisipasi dinamika situasi yang mungkin terjadi.

Sehingga dapat mengambil langkah-langkah tindakan yang tepat dan proporsional. disamping itu juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan operasioanal Kodim 0110/Abdya yang berkordinasi dengan satuan samping, TNI AL, Polres, Tagana, Dinkes, Dinas PU, Kejaksaan, BNPB, DLLAJ, Dinas Kehutanan dan Satpol PP.

Ditegaskan, TNI dibawah jajaran Korem 012/TU harus melaksanakan latihan dengan serius, dan benar tidak terkesan asal lewat, mampu menggunakan komunikasi seefektif mungkin dengan tujuan harus tercapai.

Seiiring hal itu,maka Kodim 0110/Abdya harus sigap dalam konteks penanganan bersama dengan pemkab, memanfaatkan fasilitas yang ada, mobilisasi, operasi bantuan dalam rangka penanggulangan bencana alam serta operasi militer selain perang.

“Berikan bantuan intelijen secara proporsional, berikan bantuan sesuai kebutuhan, pelayanan dukungan, komunikasi dan koordinasi dgn pemerintah daerah. ini harus menjadi perhatian dan dapat dilaksanakan di lapangan dengan baik,” demikian terang Kasrem Yudiono. (Rizal)

To Top