Nasional

Hardiknas 2017, Menteri Ajak Gerakkan Reformasi Pendidikan

ACEHTERKINI.COM | Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Selasa, 2 Mei 2017 mengusung tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy mengajak semua pihak untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional pada tataran konseptual maupun manajerial.

Dalam pidato Menteri pada Hardiknas 2017, Muhadjir Effendy menyampaikan dalam tataran konseptual, pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar.

Muhadjir Effedy

Kemudian untuk jenjang pendidikan lebih lanjut harus kondusif bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin. Hanya dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya saing tinggi lah peserta didik masa kini akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan bangsa-bangsa maju yang lainnya.

Untuk tujuan itu, sekarang tengah diupayakan penyelarasan, penyatuan dan pembaruan bidang kebudayaan dengan pendidikan. Begitu juga dalam pemanfaatan sumber-sumber belajar yang ada di kelas, di lingkungan sekolah dan sumber yang ada di luar sekolah.

“Tujuannya agar proses pembelajaran terbuka, luwes dan leluasa,” sebut Muhadjir Effendy.

Reformasi pendidikan juga dilakukan dalam hal waktu belajar di satuan pendidikan, perorganisasian pelajaran dan kegiatan belajar, tugas tanggung jawab dan peran guru serta tenaga kependidikan. Termasuk reformasi peran kepala sekolah dan pengawas dan komite sekolah.

Reformasi pendidikan nasional ini merupakan proses jangka panjang, sehingga perlu dilaksanakan secara sistematis, procedural dan bertahap. Hasil reformasi pendidikan ini tidak dinikmati sekarang, tapi niscaya anak cucu kita yang akan menikmatinya yang bisa mengenyam pendidikan yang berkualitas.

To Top