Ekonomi

Gubernur Aceh Minta Harga Daging Meugang Rp130.000 Per Kilo

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh Zaini Abdullah meminta dinas terkait untuk memastikan harga daging pada meugang puasa tidak mahal dan bisa dijual di bawah Rp130.000 per kilogram.

Hal tersebut disampaikan Kepala Humas Aceh, Mulyadi Nurdin saat meninjau sejumlah pasar, Senin (22/05/2017).

“Selain harga, gubernur juga meminta agar dinas terkait bisa memastikan stock daging sapi pada meugang puasa nanti cukup,” kata Mulyadi Nurdin mengutip pernyataan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Menanggapi permintaan gubernur itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, Asmauddin mengharapkan agar pedagang bisa menjual daging sapi paling tinggi Rp130.000 per kilogram.

“Kita himbau agar harga jual daging bisa dijual Rp125.000 per kilogram, sedangkan harga daging sapi beku dijual dengan harga Rp80.000 per kilogram,” ujar Asmauddin.

Asmauddin menambahkan harga sembako masih relatif stabil, seperti gula dijual Rp12.500 per kilogram, minyak goreng Rp11.000 per kilogram, begitu juga bawang putih dan cabe merah masih stabil. “Alhamdulillah, stock pangan di pasar cukup,” kata dia.

Terkait ketersediaan daging sapi menjelang Ramadhan 1438 hijriah ini, Kepala Dinas Peternakan Aceh, Zulya Zaini mengatakan kebutuhan daging sapi di Aceh cukup.

“Persediaan sapi sebanyak 19.903 ekor dan kerbau 13.321 ekor di seluruh Aceh,” kata Zulya Zaini.

Peninjaua ke sejumlah pasar di Banda Aceh dan Aceh Besar itu melibatkan Direskrimsus Polda Aceh Kombes Pol. Armensyah Thay, Kepala BI Perwakilan Aceh Ahmad Farid, Kepala Bulog Divre Aceh Fatah Yasin, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Aceh, Syaiba Ibrahim.

Tim memulai sidak dari pasar Lambaro Aceh Besar, dilanjutkan ke Gudang Bulog di Ingin jaya Aceh Besar, kemudian gudang gula Kande Agung serta Pasar Modern Suzuya di Banda Aceh. [Edi]

To Top