Sosial

Di Abdya, Pengendara Harus Patuh Aturan Lalu Lintas

ACEHTERKINI.COM | Kasatlantas Polres Abdya Iptu RJ Agung Pratomo SIK, meminta agar pengendara selalu patuh dan taat pada aturan berlalulintas. Dengan patuh berlalulintas maka akan memberikan keselamatan kepada pengendara itu sendiri.

Hal itu dikatakan Agung usai pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Rencong tahun 2017 di Halaman Mapolres Abdya, Selasa (9/5/2017). Dalam apel tersebut, Dandim 0110/Abdya letkol Inf Puji Hartono SIP bertindak sebagai inspektur dan Ipda Usman T selaku Komandan Apel.

Apel yang dihadiri sejumlah pejabat daerah, Waka Polres, Kompol Edi Bagus Sumantri SIK dan pejabat Polres Abdya lainnya, Dandim membacakan amanat Kepala Korp Lantas Irjen Pol Drs Royke Lumowa, MM  serta memasangkan tanda pita kepada perwakilan personel yang dilibatkan dalam operasi patus selama 14 hari terhitung sejak 9-22 Mei mendatang yang serentak dilakukan diseluruh Indonesia.

Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Puji Hartono, SIP, Selasa (9/5)menyematkan tanda pita kepada perwakilan personel saat apel gelar pasukan Ops Patuh Rencong yang berlangsung di halaman Mapolres setempat.

Kasatlantas Agung menyebutkan, angka pelanggaran dalam setiap tahun memang ada penurunan. Berdasarkan data selama Ops Patuh Rencong di tahun 2015 lalu menunjukkan sebanyak 417 tindakan langsung (tilang) yang dikenakan kepada pengendara dengan berbagai kriteria pelanggaran mulai dari tidak memiliki SIM, STNK, tidak mengenakan atribut keselamatan selama berkendara serta atribut pendukung lainnya. Sedangkan selama Ops Patuh Rencong di tahun 2016 sebanyak 285 pengendara yang terkena tilang.

Dengan jumlah tersebut, penurunan angka pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara secara perlahan semakin menurun. Diharapkan pada tahun 2017 akan turun lagi angka pelanggar selama Ops Patuh Rencong di Abdya.

Sebelum pelaksanaan Ops Patuh Rencong 2017, pihaknya telah mempersiapkan berbagai persiapan, baik perencanaan, sasaran dan cara bertindak sehingga bisa dicapai hasil yang optimal. Adapun tujuan operasi tersebut adalah untuk terciptanya situasi Kamseltibcarlantas yang mantap dan kondusif serta menurunnya angka kecelakaan lalulintas yang berakibat fatal, menurunnya pelanggaran lalu lintas terutama bagi pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar rambu-rambu lalulintas.

“Angka kecelakaan lalulintas dan korban laka lantas yang berakibat fatal serta kerugiaan materil kerap terjadi. Oleh karena itu, operasi ini kami harapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas,”tuturnya. (Rizal)

To Top