Layanan Publik

Bupati Lantik Thamren Jadi Sekda Abdya

Bupati Lantik Drs. Thamren jadi Sekda Aceh Barat Daya

Foto | Rizal

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir Jufri Hasanuddin MM, melantik Drs Thamrin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya di halaman depan Pendopo Bupati setempat, Rabu (24/5/2017). Pelantikan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor Peg. 821.22/02/2017 tanggal 18 April 2017.

Drs Thamrin, sebelumnya merupakan Kepala Badan Keuangan Abdya. Dimana, dalam perjalanan karier sebagai pejabat Abdya, Thamrin dipercayakan untuk merangkap sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda, lantaran jabatan Sekda Abdya sebelumnya oleh Drs Ramli Bahar sempat kosong karena memasuki usia pensiun.

Usai pengambilan sumpah, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin menyampaikan, posisi Sekda merupakan jabatan yang strategis dan memiliki banyak tantangan serta penuh dengan resiko sebagai penampung aspirasi masyarakat hingga PNS dan non PNS.

Sekda juga harus mampu memberikan masukan serta sigap dalam menjabarkan kebijakan-kebijakan sesuai dengan Undang-Undang yang akan diambil oleh kepala daerah.

“Disinilah integritas Sekda diuji, kecakapannya dan kejelian yang harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta bisa menjadi orang tua di kabupaten, sekaligus komandan dan teman untuk semuanya,” kata Bupati Jufri dalam sambutannya.

Untuk menjadikan Drs Thamren sebagai Sekda bukanlah semata-mata karena faktor kedekatan atau unsur terkait lainnya, akan tetapi telah dilakukan berbagai pertimbangan serta evaluasi yang matang, bahkan yang bersangkutan telah dua kali mengisi jabatan Plt Sekda Abdya. Dengan pertimbangan itu, Drs Thamrin memang layak menjadi seorang Sekda karena kinerjanya selama ini.

“Terimakasih kepada Drs Ramli Bahar atas dedikasinya untuk Kabupaten Abdya. Banyak tanggung jawab besar yang telah dikerjakan dengan gemilang dan menciptakan prestasi untuk Abdya. Sekali lagi kami atas nama pemerintah Kabupaten Abdya dengan rasa haru memberikan apresiasi kepada Drs Ramli Bahar atas kinerjanya selama ini,” tambah Jufri.

Dikatakan Bupati Jufri, pengangkatan dan pemberhentian Sekda di Aceh berbeda dengan daerah lain. Dimana, pengangkatan Sekda itu sendiri dilakukan oleh gubernur dengan masa jabatan minimal selama 2 tahun.

Baik buruknya sebuah pemerintah, sangat didominasi oleh Sekda, berkembang atau mundurnya daerah juga tergantung pada Sekda. Sebab yang memiliki kemampuan dalam mengelola visi dan misi pimpinan adalah Sekda serta jajarannya.

“Usai masa jabatan kami habis, Sekda yang baru saja dilantik akan terus menjalankan amanah dan melanjutkan tanggung jawabnya bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya. Dengan pengalaman kinerjanya, Drs Thamrin mampu memberikan yang terbaik untuk pemimpin yang akan datang,” demikian tuturnya.

Amatan dilapangan, acara pelantikan tersebut juga turut dihadiri, Kapolres Abdya AKBP Andy Hermawan SIK, Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Suhada, mewakili Kajari Abdya, para Asisten, Staf Ahli, Kepala SKPK, para camat, mewakili MPU, MPD, MAA dan sejumlah tamu undangan lainnya. (Rizal)

To Top