Kesehatan

Bukan Saja di Dapur, Ini Manfaat Garam

ACEHTERKINI.COM | Garam mungkin bagi sebagian masyarakat lazimnya hanya dtempatkan di dapur. Dilansir dari Times of India, rupanya selain menjadi elemen dalam memasak, garam juga memiliki manfaat lain yang cukup mengejutkan.

Mengupas kulit mati

Selain di dapur, garam juga memilki fungsi di kamar mandi. Pasalnya, garam juga memiliki sifat yang dapat membantu dalam mengupas kulit mati. Cara untuk mengaplikasikanya adalah dengan mengoleskannya seperti menggunakan sabun.

Cara ini dapat dilakukan secara efektif setelah kita selesai mandi. Balutan garam di atas kulit kita secara otomatis akan mengupas kulit mati, terutama di beberapa bagian seperti kaki, siku dan lutut.

 Meredakan mata bengkak
Garam juga dapat mengurangi adanya kebengkakan pada kulit di sekitar mata. Caranya sangat sederhana, hanya perlu mengompres mata dengan kain yang telah direndam dalam satu gelas air hangat yang telah diberi garam sebanyak setengah sendok teh.

Memastikan kualitas telur
Terkadang kita lupa kapan terakhir kali kita membeli telur. Daripada terlanjur memecahkan telur namun ternyata telur tersebut sudah busuk, maka ada baiknya kita memeriksa kualitas telur sebelum menuangkanya.

Lagi-lagi, garam memiliki andil dalam melakukan tugas ini. Caranya mudah, siapkan satu gelas air yang telah diberi dua sendok teh garam. Kemudian, masukan telur dalam gelas itu. Telur yang masih layak dikonsumsi akan tenggelam dalam larutan itu, sedangkan telur yang sudah busuk akan mengambang.

Membersihkan noda pada peralatan berbahan perak
Peralatan dapur seperti sendok, pisau, garpu dan peralatan lainya yang terbuat dari perak, biasanya lama kelamaan akan dihinggapi noda. Tak perlu beli baru jika ingin membuat peralatan itu kembali berkilau. Peralatan berbahan perak dapat dibersihkan dengan menggosokkan garam menggunakan kain lap.

Membersihkan noda pada setrika
Bagian alas setrika kerap dihinggapi noda berwarna coklat setelah sering digunakan. Untuk membuat plat itu kembali bersih, kita juga dapat menggunakan garam.

Caranya, taburkan garam di atas kertas sampul berwana cokelat. Kemudian, seka kertas itu dengan setrika yang sudah panas. Setelah itu, dinginkan setrika dan bersihkan plat pada setrika dengan kain bersih. 

Membersihkan kulkas
Isi kulkas yang beraneka ragam membuatnya kerap ternoda dan menimbulkan aroma yang kurang sedap. Hal itu dapat kita hilangkan dengan secara rutin menggosok bagian dalam kulkas dengan kain yang sudah direndam dengangaram dan air soda. Dengan begitu, aroma dan noda dalam kulkas akan terangkat.

Membersihkan tembaga

Selain perak, garam juga dapat membersihkan peralatan yang terbuat dari tembaga. Namun, caranya sedikit berbeda dibanding saat membersihkan perak.

Untuk memberishkan tembaga, diperlukan botol spray yang diisi dengan air cuka hangat tiga sendok makan garam. Kemudian semprotkan cairan itu ke tembaga. Setelah itu, diamkan selama dua menit lalu bersihkan dengan kain bersih.

Meredakan sengatan lebah
Untuk meredakan sengatan lebah, basuh dengan air pada bagian tubuh yang terkena sengatan. Lalu balut dengan garam.

Sumber Republika

To Top