Sosial

BMKG Aceh Pantau Hilal di Lhoong Aceh Besar

Foto | Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau rukyat hilal di Gedung Observasi Hilal BMKG Lhoong Kabupaten Aceh Besar, Jum’at (26/5/2017).

Koordinator BMKG Aceh, Fakhrurrazi mengatakan, hasil pantauan BMKG Aceh untuk mensupport Kementerian Agama dalam sidang Itsbat yang akan digelar Jum,at malam nanti.

“Artinya secara operasional pengamatan hilal tersebut juga sebagai bagian Tupoksi BMKG bidang Geofisika terkait tanda waktu, karena itu BMKG telah membangun beberapa gedung observasi hilal di beberapa titik dimana pelaksanaan observasi dilakukan setiap bulannya sebagai program kerja rutinitas,” kata Fachrurrazi.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan observasi hilal BMKG Aceh dapat dilihat secara live streaming di http://media.bmkg.go.id/hilal/

Secara terpisah Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Aceh akan melakukan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1438 Hijriah di Pusat Gedung Observatium Tgk. Chik Kuta Karang, Lhoknga Kabupaten Aceh Besar pada, Jum’at 26 Mei 2017.

Kepala Kemenag Aceh, Daud Pakeh menjelaskan hasil dari pantauan hilal itu akan disampaikan kepada menteri sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat.

“Kita pantau di Pusat Observatium Hilal Tgk. Chik Kuta Karang dan hasilnya akan disampaikan ke Menteri Agama RI sebagai bahan pertimbangan Sidang Itsbat,” kata Daud Pakeh.

Pantauan hilal akan dilakukan pada pukul 17.00 wib hari ini Jum’at 26 Mei 2017. “Siapa saja boleh melihat hilal, terbuka untuk umum,” kata dia lagi. [Firman]

To Top